SEA Games 2017

3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Babak Semifinal

  • Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke babak semifinal SEA Games 2017.
  • Saat ini Timnas Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan catatan 8 poin.
Selasa, 22 Agustus 2017 22:41 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Instagram noisectorzine
Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke babak semifinal SEA Games 2017. Copyright: © Instagram noisectorzine
Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke babak semifinal SEA Games 2017.

Tim Nasional Indonesia U-22 hanya mampu bermain imbang dengan Vietnam pada pertandingan keempat Grup B SEA Games 2017. Pada laga yang dimainkan di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, Selasa (22/08/17) tersebut, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0.

Babak pertama Vietnam vs Indonesia. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTTimnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Vietnam.

Meski gagal menang, pasukan Luis Milla harus tetap bersyukur. Maklum Timnas Indonesia bermain tanpa Evan Dimas dan harus bermain dengan 10 pemain setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-62.

Hasil imbang 0-0 tersebut jelas membuat langkah Timnas Garuda Muda semakin berat. Kini Hansamu Yama dan kawan-kawan berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B dengan torehan 8 poin dari 4 pertandingan.

Timnas Indonesia tertinggal 2 poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di posisi pertama dan kedua dengan catatan 10 poin.

Thailand berhasil mengumpulkan 10 poin setelah mereka mengalahkan Filipina 2-0 pada laga keempat di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Malaysia, Selasa (22/08/17), di mana pada usai laga mereka Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam.

Nah, untuk lolos ke babak semifinal SEA Games 2017, pasukan Merah Putih harus mampu di finish posisi dua besar.

Lalu bagaimana caranya? Apakah Indonesia masih memiliki peluang?

Yup, Timnas Indonesia tentu saja masih memiliki peluang walaupun mereka harus bekerja ekstra keras. Dan berharap Dewi Fortuna berpihak kepada Garuda Muda.

Berikut adalah hitungan matematis yang menjadi syarat Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal.

1. Indonesia kalahkan Kamboja, Thailand kalahkan Vietnam

Untungnya, pada laga pamungkas Thailand berhadapan dengan Vietnam. Sehingga jika Thailand mampu mengalahkan Vietnam, Timnas Indonesia hanya butuh kemenangan 1-0 atas Kamboja.

Jika skenario itu terjadi, Thailand akan menjadi pemimpin klasemen Grup B dengan koleksi 13 poin, dan Timnas Indonesia menjadi runner up dengan catatan 11 poin.

2. Indonesia kalahkan Kamboja, Vietnam kalahkan Thailand

Skenario kedua kebalikan dari yang pertama. Karena saat ini poin Thailand dan Vietnam sama kuat, jika Vietnam yang berhasil meraih kemenangan dan Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja, maka Timnas Merah Putih akan menemani The Golden Star.

Vietnam akan menjadi pemimpin klasemen Grup B dengan koleksi 13 poin, dan Timnas Indonesia menjadi runner up dengan catatan 11 poin.

Selebrasi pemain Indonesia setelah Marinus Wanewar berhasil mencetak pada menit ke-21. Copyright: Twitter@imam_nahrawiSelebrasi pemain Indonesia setelah Marinus Wanewar berhasil mencetak pada menit ke-21.

3. Indonesia menang selisih 3 gol, Thailand vs Vietnam imbang

Bagaimana jika laga Thailand vs Vietnam berakhir imbang? Apakah kemenangan Indonesia atas Kamboja cukup membawa mereka lolos ke babak semifinal?

Jawabannya adalah bisa. Asalkan Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja dengan selisih 3 gol, seperti 3-0 atau 4-1.

Berapa pun hasil imbang yang dicatat pada laga Thailand vs Vietnam, Timnas Indonesia akan tetap berhak lolos ke babak semifinal jika mampu mengalahkan Kamboja dengan selisih 3 gol.

Menurut peraturan yang sudah ditetapkan panitia SEA Games 2017, peraturan yang ditetapkan pada penyisihan grup cabang olahraga sepakbola untuk penentuan posisi klasemen adalah jumlah poin, jumlah selisih gol, dan jumlah mencetak gol, jumlah kartu kuning dan merah, serta pengundian.

Dengan kata lain, jika Thailand vs Vietnam berakhir seri, Timnas Indonesia wajib menang dengan selisih 3 gol atas Kamboja.

Hasilnya, Timnas Indonesia bersama Thailand dan Vietnam akan sama-sama mengumpulkan 11 poin. Namun, Vietnam akan menjadi juara grup karena hingga saat ini sudah mencatat selisih 11 gol. Sedangkan Thailand mencatat selisih 6 gol, dan Timnas Indonesia mencatat selisih 4 gol.

Oleh karena itu Timnas Indonesia harus mengalahkan Kamboja dengan selisih 3 gol pada pertandingan terakhir Grup B, di Stadion Shah Alam, Kamis (24/08/17).