LIGA 2

4 Tim Liga 2 Pastikan Lolos ke 16 Besar, 4 Lainnya Turun Kasta

Selasa, 22 Agustus 2017 13:55 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis:Yanto/Indosport/twitter@liga2indonesia
Liga 2 Indonesia. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport/twitter@liga2indonesia
Liga 2 Indonesia.

Kompetisi Liga 2 Indonesia akan memasuki tahap akhir. Beberapa tim telah memastikan bertahan di strata kedua Liga Indonesia itu.

Keempat tim tersebut adalah PSS Sleman (Grup 3), PSIS Semarang (Grup 4), Persebaya Surabaya, dan Martapura FC (Grup 5). Selain itu, mereka juga berhasil mengamankan tiket menuju babak 16 besar.

© Prima Pribadi/Indosport.com
PSS Sleman Copyright: Prima Pribadi/Indosport.comPSS Sleman telah memastikan diri maju ke babak 16 besar Liga 2.

Elang Jawa, julukan PSS, menjadi raja di Grup 3 setelah menorehkan 31 poin dari 12 pertandingan. Menyisakan dua laga lagi, PSS unggul 11 poin dari PSGC Ciamis di peringkat kedua dan 13 angka dari Persibat Batang pada posisi ketiga.

Jejak PSS diikuti oleh PSIS. Tim berjuluk Mahesa Jenar tersebut sukses mengumpulkan 32 poin dari 13 laga. Tim peringkat tiga, PSIR Rembang hanya membukukan 22 poin dari 11 pertandingan.

© Ghozi El Fitra/INDOSPORT.
Persebaya Surabaya menyerah dari PSIS Semarang dalam laga uji coba di Stadion Jatidiri. Copyright: Ghozi El Fitra/INDOSPORT.Persebaya Surabaya  PSIS Semarang sukses lolos ke babak 16 besar Liga 2.

Perbedaan sepuluh poin antar keduanya telah tidak mungkin terkejar lagi. Hitung-hitungan paling buruk, posisi PSIS hanya mungkin digeser Persis Solo yang menempati posisi kedua dengan 27 poin dari 12 pertandingan.

Sedangkan Persebaya dan Martapura menjadi penguasa Grup 5. Kedua tim sama-sama mengoleksi 25 poin dari 12 pertandingan.

PSIM Yogyakarta yang menempati peringkat ketiga dengan 17 poin dari 12 laga, sudah tidak mungkin menyamakan poin kedua tim teratas Grup 5 itu di sisa pertandingan yang ada.

Liga 2 tahun ini dibagi menjadi delapan grup. Masing-masing pot berisi 6-8 tim, dengan kontestan sebanyak 61 tim.

Hanya dua klub dari masing-masing tim yang akan lolos ke babak perdelapanfinal. Peringkat 3 dan 4 di setiap grupnya akan memperebutkan delapan tiket untuk bertahan di Liga 2.

© Instagram @persikabo.id
Raja Isa berharap mendapatkan pemain yang bisa loyal di Persikabo. Copyright: Instagram @persikabo.idRaja Isa gagal membawa Persikabo bertahan di Liga 2.

Pada musim depan, kompetisi kasta kedua akan dihuni oleh 24 peserta. Peringkat 5-8 akan degradasi ke Liga 3 musim depan.

Hingga saat ini, empat klub sudah pasti turun kasta. Keempat klub itu ialah Persih Tembilahan (Grup 1), Persikabo Bogor (Grup 2), Persiba Bantul (Grup 4), dan Persbul Buol (Grup 8).

Beberapa kali melakukan aksi walk-out (wo) membuat Persih Tembilahan menempati posisi paling buncit Grup 1. Dari sepuluh pertandingan yang sudah dimainkan, Persih selalu menelan kekalahan.

© Instagram/PSMS Medan
PSMS Medan menunggu skuat Persih Tembilahan. Copyright: Instagram/PSMS MedanPSMS Medan menunggu skuat Persih Tembilahan.

Mereka selalu menjadi lumbung gol tim lawan di setiap pertandingan. Bahkan Persih nihil mendapatkan poin serta kemasukkan 39 gol!

Nasib nahas harus dirasakan Persikabo Bogor. Tim yang pernah merasakan kompetisi kasta teratas Liga Indonesia itu mesti menerima kenyataan pahit turun kasta ke Liga 3.

Hancur lebur pada putaran pertama kompetisi, Persikabo telat bangkit di paruh kedua. Tim dengan julukan Laskar Pajajaran itu cuma bisa mengoleksi lima poin dari 11 pertandingan.

© Prima Pribadi/INDOSPORT
Suporter Persiba Bantul mengamuk. Copyright: Prima Pribadi/INDOSPORTSuporter Persiba Bantul mengamuk.

Persikabo terpaut sebelas angka dari Persika Karawang yang berada di peringkat keempat. Menyisakan tiga laga lagi, armada Raja Isa harus ikhlas menerima kenyataan.

Persbul Buol menjadi korban keganasan Grup 8. Satu-satunya grup yang diselenggarakan dengan home tournament itu hanya berisikan enam tim. Sudah memainkan seluruh pertandingan, Persbul nihil poin.

Kompetisi Liga 2 musim ini memang gila-gilaan. Dari 61 peserta, 37 di antaranya bakal degradasi ke Liga 3.

Selain itu, tiga tim Liga 2 akan promosi ke Liga 1. Sumbernya diambil dari 16 peserta yang lolos dari babak penyisihan.

952