Ajak Perdamaian, Ronaldo Naik Tank di Tengah Masyarakat Haiti

Selasa, 22 Agustus 2017 10:08 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Mantan bintang sepakbola dunia, Ronaldo Luís Nazário de Lima, baru-baru ini mengunggah sebuah foto yang menunjukkan simpatinya pada nasib warga Haiti. Melalui akun Instagram pribadinya, @ronaldo, pria berkepala plontos ini mengunggah sebuah foto dirinya sewaktu berada di negara tersebut. Di dalam foto itu, tampak ia sedang berdiri di atas sebuah tank bersama para tentara perdamaian sembari melambaikan tangan.

 

Hoje faz 13 anos do Jogo da Paz no Haiti, e não posso deixar de lembrar a emoção desse dia em que testemunhei a alegria de 150 mil pessoas no país mais miserável da América e um dos mais carentes do planeta, que vivia uma guerra civil há anos. É triste ver o mundo adoecer com o ódio. É triste acordar todos os dias com tantas notícias de violência - neonazismo, racismo, xenofobismo, terrorismo e a epidemia do terror urbano. Mas a lembrança do que vi e senti naquele dia me dá a certeza de que, juntos, somos mais fortes contra o ódio. Mandela foi uma das pessoas mais incríveis que tive a honra de conhecer, e ele deixou pra gente uma missão de paz que não se encerra: precisamos ensinar a amar aqueles que aprenderam a odiar. #nomoreterrorism #nomorewar #prayfortheworld #peacekeeping #haitieuestivelá

A post shared by Ronaldo (@ronaldo) on

Di dalam postingan-nya tersebut, Ronaldo menyatakan bahwa ia tidak dapat meluapkan emosinya ketika berada di tengah 150 ribu orang di negara yang paling menyedihkan di benua Amerika tersebut.

Ronaldo juga menyatakan bahwa negara tersebut merupakan salah satu negara yang paling membutuhkan bantuan akibat kekacauan yang disebabkan oleh perang sipil.

Di posting-an terbarunya itu, Ronaldo juga menyanjung tokoh kemanusiaan asal Afrika Selatan Nelson Mandela yang pernah menentang politik apartheid, sebuah kebijakan kolonial yang mensubordinasi warga kulit hitam Afrika.

Orang-orang yang peduli dengan kemanusiaan seperti Mandela merupakan teladan bagi seluruh manusia. Rasisme sendiri memang merupakan salah satu hal yang paling ditentang di dunia termasuk juga dalam sepakbola.

© Martin Rose
Ronaldo Nazario saat masih memperkuat Real Madrid. Copyright: Martin RoseRonaldo Nazario saat masih memperkuat Real Madrid.

Ronaldo juga mengajak netizen untuk senantiasa menyebarkan cinta kasih, menjaga perdamaian, serta melawan aksi  terorisme dan peperangan yang terjadi dunia ini.

Haiti tercatat sebagai satu dari tiga negara di dunia yang tingkat kelaparan penduduknya paling tinggi setelah Somalia dan Afganistan.