SEA Games

Vietnam U-22 0-0 Indonesia U-22: Masih Ada Peluang!

  • Timnas Indonesia U-22 sukses menahan imbang Vietnam 0-0 pada laga keempat Grup B SEA Games 2017.
  • Skuat Garuda harus bermain dengan 10 pemain usai Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah.
  • Hasil imbang itu membuat Indonesia masih memiliki peluang lolos ke babak semifinal.
Selasa, 22 Agustus 2017 21:41 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Babak pertama Vietnam vs Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Babak pertama Vietnam vs Indonesia.

Sejak peluit kick off dibunyikan, Vietnam U-22 langsung berusaha mengambil alih permainan pada laga melawan Indonesia di Stadion Majlis Perbandaran Selayang. Tim asuhan Nguyen Huu Thang tampak memainkan bola-bola pendek untuk membangun tempo permainan dan mencari celah pertahanan Indonesia.

Absennya Evan Dimas benar-benar membuat Indonesia kesulitan mengembankan permainan. Hingga menit ke-5, tim asuhan Luis Milla sama sekali tak bisa menguasai bola lebih lama ketimbang para pemain Vietnam.

Vietnam terus melancarkan serangan dari kedua sisi sayap. Memasuki menit ke-15, sektor kiri pertahanan Garuda Muda yang dikawal Rezaldi Hehanusa terlihat lebih sering dieksploitasi lini serangan Vietnam.

Timnas Indonesia U-22 Copyright: Twitter/@PSSI_FaiTimnas Indonesia U-22

Gawang Indonesia mendapatkan ancaman serius di menit ke-26 lewat pemain Vietnam yang melancarkan serangan dari sisi kiri pertahanan Skuat Garuda Muda. Beruntung, sontekan pemain Vietnam Ho Tuan Tai usai menyambut umpan tarik rekannya.

Satu menit berselang atau tepat di menit ke-27, Vietnam kembali mengancam gawang Indonesia yang dikawal Satria Tama. Pemain Vietnam melepaskan shooting jarak jauh yang masih bisa ditepis Satria Tama.

Indonesia hampir saja mencetak gol saat laga memasuki menit ke-30 lewat peluang emas pertama. Sayang, bola hasil sepakan keras Septian David Maulana dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Vietnam menggunakan satu tangan.

Evan Dimnas (kiri) saat merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Filipina Copyright: Dokumentasi PSSIEvan Dimnas (kiri) saat merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Filipina

Ezra Walian yang sepanjang laga jarang menyentuh bola akhirnya melakukan pergerakan berbahaya di lini pertahanan Vietnam di menit ke-41. Namun, umpan tarik Ezra yang berhasil melewati hadangan dua pemain bertahan Vietnam masih bisa diblok bek Vietnam.

Hingga istirahat turun minum, Indonesia masih kesulitan mengembangkan permainan dan hanya mampu bermain imbang 0-0- kontra Vietnam.

Nguyen Cong Phuong nyaris membobol gawang Indonesia di menit ke-56 lewat serangan cepat. Namun, bola hasil sepakan kaki kanan Phuong masih bisa ditepis Satria Tama. Sayangnya, Satria Tama yang mengalami cedera harus diganti oleh Kartika Ajie di menit ke-65.

Sayangnya, Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Hanif Sjahbandi mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-62. Hanif melakukan pelanggaran tidak perlu dengan menyikut pemain Vietnam setelah melepaskan bola.

Vietnam sebenarnya berhasil mencetak gol di menit ke-70 dan ke-71. Namun, dua gol Vietnam ke gawang Indonesia tersebut langsung dianulir wasit karena sudah lebih dulu terjebak offside.

Vietnam terus melancarkan serangan dan memiliki sejumlah peluang mencetak gol di dalam kotak penalti Indonesia. Sementara Skuat Garuda Muda hanya mengandalkan beberapa serangan balik yang kerap berbuah kegagalan.

Indonesia hampir saja kebobolan di menit ke-90. Beruntung, Kartika Ajie yang berhadapan satu lawan satu mampu menepis bola hasil sepakan keras pemain Vietnam.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga selesai, Indonesia berhasil menahan imbang gempuran Vietnam dengan skor akhir 0-0. Hasil itu membuat Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal karena saat ini menempati posisi ketiga dengan catatan 8 poin dari 4 laga.

Pada laga terakhir atau laga penentuan, Indonesia akan menghadapi tim juru kunci Kamboja. Sementara Vietnam akan berhadapan dengan sang juara bertahan yang sekaligus pemuncak klasemen sementara Grup B, Thailand.

Susunan Pemain Vietnam U-22 vs Indonesia U-22:

Vietnam U-22 (4-3-3): Phi Minh Long (GK), Hoang Van Khanh, Bui Tien Dung (C), Vu Van Thanh, Doan Van Hau, Luong Xuan Truong, Nguyen Van Toan, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Cong Phuong, Ho Tuan Tai.

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Indonesia U-22 (4-2-3-1): Satria Tama; Putu Gede, Andy Setyo, Hansamu Yama (C), Rezaldi Hehanusa; M. Hargianto, Hanif Sjahbandi, Febri Hariyadi, Yabes Roni, Septian David Maulana, Ezra Walian.

Pelatih: Luis Milla