Liga 1

PSM Makassar 2-0 Perseru Serui: Juku Eja Kembali ke Puncak

Rabu, 23 Agustus 2017 20:37 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Babak Pertama

Tampil penuh percaya diri di hadapan pendukungnya sendiri membuat PSM Makassar beberapa kali menyuguhkan permainan menyerang sejak menit awal pertandingan.

Pada menit ke-8, gelandang serang PSM, M. Rahmat mampu melepaskan ancaman dari luar kotak penalti, namun usahanya masih melebar.

Tak mau terus-menerus diserang, Perseru Serui mencoba untuk melakukan serangan balik. Pada menit ke-15, kapten mereka, Arthur Barrios Bonai yang juga berposisi sebagai gelandang serang nyaris memecah kebuntuan.

Sayangnya, usaha dari Arthur masih mampu ditepis oleh kiper PSM Makassar yang dikawal oleh Rivki Modompit.

Tuan rumah pun tak mau kalah, hanya selang tiga menit, kapten mereka, Hamka Hamzah juga nyaris memecah kebuntuan. Berawal dari tendangan bebasnya, Hamka nyaris saja mencetak gol andai tidak ditepis oleh kiper Perseru Serui, Sukasto Efendi.

Usaha tuan rumah baru tercipta pada menit ke-32. Adalah striker mereka, Ferdinand Sinaga yang berhasil mencantumkan namanya di papan skor.

Gol dari mantan pemain Persib Bandung ini sekaligus menjadi penutup, karena tidak ada gol lagi yang tercipta di babak pertama.

Babak Kedua

Usai turun minum, kedua tim memainkan permainan yang cukup seimbang. Meski sempat menurunkan tempo permainan, namun baik PSM Makassar maupun Perseru Serui masih sama-sama kerap mencuri kesempatan untuk mencetak gol.

Tensi permainan mulai memanas saat pertengahan babak kedua, beberapa kali duel fisik dan jual beli serangan pun tak terhindarkan.

Pada menit ke-67, striker Perseru, Silvio Escobar mencoba untuk melepaskan ancaman. Sayangnya, usaha Silvio masih tak membuahkan hasil.

Saat waktu memasuki 10 menit terakhir, kedua tim masih belum menurunkan tempo permainan mereka. Sebaliknya, keduanya masih sama-sama ngotot untuk mendapatkan gol.

Satu menit menjelang berakhirnya pertandingan, Hamka Hamzah berhasil memastikan kemenangan PSM Makassar, usai bola hasil sundulannya memanfaatkan umpan sepak pojok dari Titus Bonai. Skor 2-0 untuk PSM atas Perseru.

Gol ini pun menjadi penutup, karena hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta.

SUSUNAN PEMAIN

PSM Makassar

Rivki Mokodompit, Zulkifli Syukur, Reva Adi Utama, Steven Renauh Anthony Paulle, Hamka Hamzah, Marc Anthony Klok (Syamsul Bachri Chaeruddin 90+’), Ridwan Tawainella (Titus Bonai 59’), Muhammad Arfan, M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin

Cadangan: Syaiful, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Titus Bonai, Rizky Pellu, Syamsul Bachri Chaeruddin, Zulham Zamrun

Pelatih: Robert Rene Alberts

Perseru Serui

Sukasto Efendi, Tonny Roy Ayomi (Bilibig Dian Mahrus 29’), Mochammad Zaenuri, Kalvin Wopi, Ryutaro Kurabe, Boman Irie Aime, Lukas Mandowen (Fransiskus Mumpo 79’), Septinus Alua, Arthur Barrios Bonai, Mariando Djonak Uropmabin, Silvio Escobar

Cadangan: Annas Fitrianto, Bilibig Dian Mahrus, Farid Wajdi, Franklin Rumbiak, Irfan Yunus Mofu, Fransiskus Mumpo

Pelatih: Agus Yuwono