Wayne Rooney Pensiun dari Timnas Inggris

Rabu, 23 Agustus 2017 20:07 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Wayne Rooney belum lama ini telah memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan. Ia memutuskan untuk pensiun dari Timnas Inggris.

Setelah tampil cemerlang bersama klub masa kecilnya, Everton pada akhir pekan kemarin saat melawan Manchester City pada laga kedua Liga Primer Inggris 2017/18, Rooney mendapat panggilan dari pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Ya, Gareth Southgate mengatakan jika Rooney masuk dalam skuatnya untuk bermain bersama Timnas Inggris melawan Malta (2 September 2017) dan Slovakia (5 September 2017) pada pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018.

© Internet
Gareth Southgate Copyright: InternetGareth Southgate, pelatih Timnas inggris.

Namun yang terjadi adalah Rooney mengonfirmasikan kepada Southgate jika dirinya ingin mengakhiri kiprahnya di kancah internasional.

“Ini adalah keputusan yang sangat tidak mudah dan saya juga sudah membahasnya dengan keluarga dan pelatih saya di Everton, mereka adalah orang yang paling dekat dengan saya,” jelas Rooney dilansir Sportsmole.

 

‪Dreams can come true and playing for @england has been exactly that. Thanks to everyone involved it's been amazing 👏

A post shared by Wayne Rooney (@waynerooney) on

“Bermain untuk Inggris selalu spesial bagi saya, setiap kali saya dipanggil menjadi pemain atau kapten adalah hal yang sangat istimewa. Saya berterima kasih kepada semua orang yang sudah banyak membantu saya, tapi saya percaya sekarang adalah saatnya untuk membungkuk,” tambah ayah tiga orang anak ini.

© INDOSPORT
Wayne Rooney, saat membela Timnas Inggris. Copyright: INDOSPORTWayne Rooney, saat membela Timnas Inggris.

“Meninggalkan Manchester United adalah hal yang sulit juga, tapi saya tahu saya harus buat keputusan yang tepat untuk kembali ke Everton. Sekarang, saya ingin fokus sekuat tenaga untuk membantu mereka menjadi sukses,” tutupnya.

© INDOSPORT
Wayne Rooney (tengah), saat latihan bersama Timnas Inggris. Copyright: INDOSPORTWayne Rooney (tengah), saat latihan bersama Timnas Inggris.

Wayne Rooney mengawali debutnya bersama Timnas Inggris senior pada tanggal 12 Februari 2003 lalu. Saat itu ia masih berusia 17 tahun 3 bulan 19 hari, namun sudah dipercaya oleh pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson.

Lebih dari 14 tahun membela The Three Lions, Rooney telah sukses mencetak 53 gol dan 22 assists dalam 119 pertandingan di seluruh pertandingan, baik dalam kompetisi resmi maupun ajang persahabatan.

946