Liga 1

Dipilih Jadi Pelatih 'Joki' Persib, Yaya Sunarya: Ini Bukan Kali Pertama

Rabu, 23 Agustus 2017 08:18 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Simamaung
Yaya Sunarya, pelatih sementara Persib Bandung yang baru. Copyright: © Simamaung
Yaya Sunarya, pelatih sementara Persib Bandung yang baru.

Pemilihan Yaya Sunarya sebagai pelatih sementara Persib Bandung di Gojek Traveloka Liga 1 2017 ternyata bukan kali pertama terjadi. Pelatih fisik Maung Bandung itu tercatat pernah menjabat sebagai caretaker Maung Bandung pada musim 2003 silam.

Yaya mengatakan dipilih menjadi pelatih sementara setelah pelatih kepala Persib saat itu, Juan Paez terkena sanksi tidak bisa menemani timnya dalam dua laga pertandingan melawan Persik Kediri dan Persijap Jepara.

© Istimewa
Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunary Copyright: IstimewaYaya Sunarya ternyata pernah menjabat sebagai pelatih sementara Persib Bandung pada 2003 silam.

"Berikutnya Juan Paez juga sakit. Jadi ini mungkin pengalaman keempat saya di Persib diberikan kepercayaan karena belum ada pelatih," ungkap Yaya seusai memimpin sesi latihan di Stadion Siliwangi Bandung, Selasa (22/08/17) kemarin.

Perlu diketahui penunjukkan Yaya sebagai pelatih sementara tidak lepas dari permohonan izin Herrie Setyawan untuk menjalani kursus kepelatihan A AFC di Sawangan Depok hingga 1 September 2017.

"Tapi pengalaman kali ini tentu akan terasa lain karena saya diberi kewenangan full sejak menit pertama sampai akhir latihan dan secara langsung menangani tim dalam pertandingan," katanya.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persib, Herrie Setyawan menatap langit lantaran geregetan terhadap peluang tim asuhannya yang gagal menjadi gol Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTHerrie tidak bisa mendampingi Persib lantaran tengah kursus kepelatihan.

Namun demikian Yaya mengaku tidak mempermasalahkannya lantaran program pelatihan sudah dibuat sejak jauh-jauh hari. Sehingga tidak akan ada perubahan program meski pergantian pelatih dilakukan.

"Pasca keluarnya Pak Djajang Nurdjaman semua berkoordinasi membuat persiapan dalam sebuah program dengan Pak Herrie dan Pak Away (pelatih kiper). Kita selalu bikin program bersama-sama jadi seolah-olah mengalitr," tuturnya.

Untuk itu, Yaya berharap program yang sudah dirancang tersebut berjalan dengan baik sehingga kemenangan di laga selanjutnya bisa didapatkan.

"Kita juga masih bicara dengan Pak Herrie untuk lawan Persipura seperti apa. Pak Herrie beri gambaran soal lawan Persipura dan bagaimana mereka main di home. Mudah-mudahan maksimal," harapnya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Twitter@persib
Persib Bandung vs PS TNI. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Twitter@persibPersib Bandung berikutnya akan menantang Persipura di pekan ke-22 Liga 1.

Persib sendiri akan menghadapi laga sulit di pekan ke-22 Liga 1. Bagaimana tidak mereka akan berlaga di Stadion Mandalaya, Jayapura yang merupakan markas kebanggaan Persipura Jayapura.

Meski dipastikan akan sulit, kemenangan atas Persipura sendiri akan memiliki andil besar bagi Persib untuk memperbaiki posisinya di papan klasemen sementara. Saat ini, Michael Essien dkk masih berada di peringkat sembilan dengan catatan 28 poin dari 20 pertandingan.