SEA Games 2017

Bakal 'Bunuh' Thailand, Vietnam Yakin Mulus ke Semifinal Bareng Indonesia

  • Vietnam U-22 bakal berjumpa Thailand U-22 di laga pamungkas Grup B SEA Games 2017.
  • Anak asuh Nguyen Huu Thang ini menyatakan tidak gentar sedikit pun menghadapi Thailand.
Kamis, 24 Agustus 2017 08:25 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© vn express
Skuat Timnas Vietnam melakukan latihan di hotel jelang melawan Timnas Indonesia. Copyright: © vn express
Skuat Timnas Vietnam melakukan latihan di hotel jelang melawan Timnas Indonesia.

Vietnam U-22 bakal menjalani laga pamungkas melawan Thailand pada lanjutan babak penyisihan Grup B di SEA Games 2017. Laga yang bakal dihelat di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kamis (24/08/17) ini dipastikan bakal menjadi laga 'berdarah' bagi kedua kubu.

Hasil imbang yang didapatkan Indonesia melawan Vietnam pada laga sebelumnya, membuat kedua tim harus memenangi laga ini untuk memuluskan jalan ke semifinal. Pasalnya, Vietnam dan Thailand yang kini berada di posisi puncak dan runner up klasemen sementara, hanya berjarak 2 poin saja dengan Garuda Muda.

Pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang. Copyright: 24h.vnPelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang.

Namun, angin baik ada pada Indonesia yang pada laga lainnya bakal menghadapi Kamboja, di Stadion Shah Alam, pada waktu yang bersamaan. Tanpa mengurangi kualitas Kamboja, tapi di atas kertas kemampuan Evan Dimas dan kawan-kawan dianggap lebih mumpuni dibanding calon lawannya tersebut.

Hal inilah yang diwaspadai oleh skuat Vietnam saat melawan Thailand, sore nanti. Nguyen Huu Thang selaku pelatih The Golden Stars pun menyatakan bahwa skuatnya tak gentar sedikit pun melawan anak asuh Worrawoot Srirama tersebut.

Osvaldo Haay (Timnas Indonesia) berusaha pertahankan bola dari serangan empat pemain Thailand. Copyright: kualalumpur2017.comOsvaldo Haay (Timnas Indonesia) berusaha pertahankan bola dari serangan empat pemain Thailand.

Secara statistik pemain U-22 Vietnam saat ini, tak pernah kalah dari Thailand yang juga sudah bersua pada level usia U-19 dan U-21 sebelumnya. Namun, faktor pemberitaan media dan opini publik di masyarakat disebut Huu Thang bisa memengaruhi mental anak asuhnya.

"Skuat saat ini pernah menang melawan Thailand 2 tahun lalu, jadi kenapa kami harus takut," ujar Huu Thang seperti dikutip dari Baomoi.

Mantan pemain Timnas Vietnam itu juga meminta anak asuhnya bisa fokus pada laga terakhir nanti. Opini media yang berkembang juga diminta untuk tidak mengganggu anak asuhnya nanti.

"Kami tidak gentar dengan para pemain Thailand, tapi opini publik dan pemberitaan media yang tidak jelas bisa berefek pada psikologis para pemain," tambah Huu Thang.

Marinus Mariyanto selebrasi. Copyright: IstimewaMarinus Mariyanto dan kawan-kawan wajib mencetak minimal 3 gol ke gawang Kamboja di laga pamungkas.

Keseriusan Vietnam saat menghadapi Thailand ini menjadi kabar baik tambahan bagi Luis Milla. Meski tak perlu bergantung pada laga ini, tapi Skuat Garuda Muda bisa sedikit lega dengan keinginan Vietnam untuk tampil beringas pada laga pamungkasnya.

Hal ini harus bisa dimanfaatkan oleh Marinus Wanewar, Septian David Maulana, dan Osvaldo Haay untuk membuat gol lebih banyak ke gawang Kamboja. Indonesia sendiri wajib menang dengan selisih minimal 3 gol saat menghadapi Kamboja untuk bisa melangkah mulus ke semifinal.