SEA Games 2017

Jangan Pikirkan Vietnam vs Thailand, yang Penting Kalahkan Kamboja

Kamis, 24 Agustus 2017 12:30 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Galih Prasetyo
© Indosport.com
Indonesia vs Kamboja Copyright: © Indosport.com
Indonesia vs Kamboja

Jelang laga Indonesia vs Kamboja, Kamis (22/08/17), ketegangan tentu terjadi, bukan hanya pada pemain dan jajaran ofifsial Timnas U-22 tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya laga sore nanti menjadi laga penentuan apakah Timnas bisa terus melangkah ke babak semifinal SEA Games 2017. 

© Dokumentasi PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off. Copyright: Dokumentasi PSSIPenggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off.

Peluang lolosnya Timnas ke semifinal juga ditentukan oleh laga lain, yakni pertandingan antara Vietnam kontra Thailand. Seperti diketahui, Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara grup B mengemas angka 8. Sementara itu, Vietnam dan Thailand sama-sama memperoleh nilai 10.

Meskipun pertandingan lain juga menentukan langkah Timnas Indonesia, namun pelatih Luis Milla tidak membebani Evan Dimas cs dengan pikiran macam-macam. Satu-satunya yang ditanamkan dalam kepala para pemain adalah kemenangan.

© @pssi__fai
Kegembiraan penggawa Timnas Indonesia usai kalahkan Timnas Filipina. Copyright: @pssi__faiKegembiraan penggawa Timnas Indonesia usai kalahkan Timnas Filipina.

Dikutip dari pssi.org, asisten pelatih Bima Sakti mengatakan, “Coach tadi berpesan kepada kita. Tak usah pikirkan gol, yang penting kita bisa meraih kemenangan dan tidak memikirkan pertandingan lain. Yang penting bagaimana mencetak gol pertama, gol kedua, dan gol ketiga. Setelah itu baru pikirkan pertandingan lain.”

Timnas memang sedikit memiliki kendala akibat beberapa pemain utama yang cedera, selain itu Hanif Sjahbandi juga tidak bisa berlaga karena terkena kartu merah pada pertandingan lalu.

© Instagram/Satria Tama
Satria Tama, penjaga gawang Timnas Indonesia. Copyright: Instagram/Satria TamaSatria Tama, penjaga gawang Timnas Indonesia yang sempat mengalami cedera saat laga kontra Vietnam

Dukungan warganet untuk Timnas terus mengalir di jagat dunia maya. Sejumlah warganet meyakini bahwa Timnas U-22 akan bermain baik melawan Kamboja dan bisa lolos dari babak fase grup menuju babak semifinal SEA Games 2017. 

Pada pertandingan kontra Vietnam kemarin, situs online penjualan tiket sempat tidak bisa diakses karena diakses melebihi kapasitas. Pada pertandingan ini, kemungkinan besar suporter Indonesia masih akan terus memberikan dukungan kepada Timnas langsung di lapangan.