Mantan Pelatih Bicara Soal Level Kartika Ajie, Asnawi Mangkualam dan Hanif Sjahbandi

Jumat, 25 Agustus 2017 07:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Peran tiga pemain Timnas Indonesia U-22, Kartika Ajie, Hanif Sjahbandi, dan Asnawi Mangkualam sejauh ini cukup baik di ajang SEA Games 2017, terlepas dari aksi kontroversi Hanif yang berbuah kartu merah saat lawan Vietnam, 22 Agustus lalu. Rupanya potensi tiga anak muda ini sudah diketahu sejak awal oleh mantan pelatih mereka, Jaino Matos.

Pelatih yang kini menangani 757 Kepri Jaya FC itu menyatakan sudah tidak ragu sejak awal bekerja sama di Persiba Balikpapan pada 2016 lalu. Untuk Kartika Ajie yang selalu menjadi pilihan pertama di bawah mistar gawang Timnas U-22, Jaino Matos menjelaskan hal itu tidak lepas dari peran pelatih kiper sebelumnya, Mardianto.  

"Sejak awal kita lihat potensinya dan percaya potensi tersebut. Peran coach Mardianto sangat penting karena dia yang melatih Kartika Ajie setiap hari, sampai kita pasang dia (Ajie) jadi pemain inti saat lawan PS TNI (ISC 2016) dan kita menang 2-0 dan dia (Ajie) main sangat bagus," tutur Jaino Matos kepada INDOSPORT.

© IniBalikpapan.Com
Kiper seleksi Timnas U-22, Kurniawan Kartika Adjie Copyright: IniBalikpapan.ComKiper seleksi Timnas U-22, Kurniawan Kartika Ajie.

Sementara untuk Asnawi Mangkualam, Jaino Matos mengakui kalau pemain PSM Makassar itu memiliki mental yang kuat meski usianya masih sangat muda yakni 18 tahun. Hal itu pula yang membedakan Asnawi dengan pemain muda lainnya, semangat bertarung dan tak kenal takut menjadi salah satu alasan pelatih Luis Milla pantas memanggilnya ke Timnas U-22.

"Asnawi yang sering main waktu sama saya di Persiba walaupun dia masih sangat muda. Dia sering main inti karena punya mental yang kuat, mental perang, spartan, berani bertarung dan dia gak hitung lawan senior atau tidak. Main di kandang atau tandang dia main maksimal dimana pun, Hanif (Sjahbandi) juga sama," ungkap pelatih asal Brasil itu.

© Internet/juara.net
Pemain Timnas U-22, Asnawi Mangkualam. Copyright: Internet/juara.netPemain Timnas U-22, Asnawi Mangkualam.

"Itu yang membedakan antara pemain ini (Asnawi dan Hanif) dengan pemain yang lain. Kondisi mental mereka bagus," sambung Jaino Matos.

Baik Hanif, Asnawi hingga Kartika Ajie nyatanya memiliki peran tersendiri dalam mengantarkan Timnas U-22 ke semifinal SEA Games 2017. Mereka akan bahu membahu dengan rekan-rekannya untuk menghadapi tuan rumah, Malaysia pada Sabtu (26/08/17) mendatang. Jika menang, Skuat Garuda Muda akan semakin dekat dengan target yang dicanangkan yakni meraih medali emas. So, tetap semangat Garuda Muda, tetap berikan yang terbaik.

4.9K