Bursa Transfer

Dembele ke Barcelona, Rennes Kecipratan 'Uang Dengar'

Sabtu, 26 Agustus 2017 18:35 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Getty Images
Ousmane Dembele, bintang muda Borussia Dortmund. Copyright: © Getty Images
Ousmane Dembele, bintang muda Borussia Dortmund.

Proses transfer Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund ke Barcelona memberi berkah tersendiri bagi klub lama sang pemain, Stade Rennes. Klub peserta Ligue 1 Prancis itu pun kecipratan “uang dengar”. Nilainya pun bisa dibilang cukup besar.

Diungkap media Spanyol, Sport, dari nilai transfer 105 juta uero (Rp1,6 triliun) yang diberikan Barcelona kepada Dortmund, Rennes kebagian 20 juta euro (Rp318 miliar). Sisanya, 85 juta euro (Rp1,3 triliun) menjadi milik Dortmund. Ini memang merupakan klausul yang terdapat dalam kesepakatan saat Dortmund mendapatkan Dembele dari Rennes pada awal musim 2016/17.

© INTERNET
Penyerang Stade Rennais, Ousmane Dembele. Copyright: INTERNETPenyerang Stade Rennais, Ousmane Dembele.

Jika ditambahkan dengan nilai transfer Dembele dari Rennes ke Dortmund musim lalu, maka klub Prancis itu mengantongi tidak kurang dari 35 juta euro (Rp557 miliar). Jelas ini merupakan jumlah uang yang sangat besar bagi klub sekelas Rennes.

Dengan nilai sebesar itu, Dembele menjadi pemain termahal yang pernah dijual Rennes. Sebelumnya, perolehan uang terbesar dari transfer pemain adalah saat melepas Shabani Nonda ke Monaco pada 2000. Nonda dibeli Monaco dengan nilai transfer 20 juta euro (Rp318 miliar).

“Ketika bergabung ke Barcelona, Ousmane Dembele menunjukkan kualitas dari hasil pelatihan bersama Rennes. Kami bangga dengan apa yang diraih Ousmande Dembele. Kami harap dia bisa meraih sukses dalam kariernya,” demikian pernyataan Rennes di laman Staderennais.com.

Putusan Rennes saat merekrut Dembele di usia muda akhirnya berbuah manis. Setelah beberapa tahun, Dembele mampu membuat pundi-pundi klub bertambah secara signifikan. Dembele akan melakukan tes medis di Barcelona pada Minggu (27/08/17) sebelum diperkenalkan kepada public Camp Nou.