Torehan Gol Keramat Evan Dimas Selama Membela Timnas Indonesia

Rabu, 30 Agustus 2017 14:23 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Evan Dimas Darmono, anak muda kelahiran Surabaya 13 maret 1995 ini menjelma menjadi sosok penting dalam sepakbola Indonesia. Sejak debutnya bersama Timnas U-19, dia berhasil memukau publik Tanah Air karena kemampuan sepakbolanya yang begitu "luar biasa" untuk ukuran pesepakbola muda.

© Istimewa
Indra Sjafri dan Evan Dimas saat di Barcelona. Copyright: IstimewaIndra Sjafri dan Evan Dimas saat di Barcelona.

Pemain yang mengidolakan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez tersebut memang memiliki kemampuan sepakbola yang "mirip" dengan gelandang Barcelona tersebut. Dia menjadi bahan perbincangan orang karena kemampuannya memberikan umpan, mengatur irama permainan, dan eksekusi tendangan bebas.

Beberapa klub Eropa pernah tertarik untuk menguji kemampuan pemain yang satu ini.  Barcelona pernah menjadi klub yang disinggahi Evan Dimas untuk belajar lewat program 'The Chance'. RCD Espanyol B pun pernah menjadi klub yang dijajal penggawa Bhayangkara FC ini untuk lebih mengasah kemampuannya bermain sepakbola.

Kehebatan Evan Dimas ditunjukkan pula oleh gol-gol pentingannya baik selama membela tim Garuda Muda maupun Timnas Senior. Indosport merangkumnya dalam gol keramat Evan Dimas berikut:

1. Hattrick ke Gawang Korsel pada Penyisihan Piala AFC U-19 2013

Indonesia menjadi juara Grup G penyisihan Piala AFC-U19 tahun 2013. saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah kala menantang Korea Selatan yang merupakan juara bertahan turnamen tersebut. Evan Dimas menjadi sosok spektakuler kala itu ketika bisa menceploskan hattrick ke gawang Korsel. Dia mencetak gol pada menit ke-30 babak pertama, kemudian menyusul dua golnya di babak kedua. Pertandingan tersebut pun berakhir dengan skor 3-2.

2. Gol ke Gawang Myanmar Penyisihan Grup B AFF U-19

Indonesia menjalani laga kedua Grup B melawan Myanmar. Sebelumnya Indonesia berhasil menggunduli Brunei dengan skor 5-0. Di laga kedua Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 2-1 di Stadion Petrokimia, Gresik.

Evan Dimas membuka gol kemenangan pada menit ke-5, sementara Putu Gede Juni Antara memperbesar kedudukan setelah mencetak gol di menit ke-16. Evan Dimas mencetak gol dari luar kotak penalti dengan melob bola melepati penjaga gawang.

3. Hattrick Evan Dimas ke Gawang Thailan Penyisihan Grup B AFF U-19

Evan Dimas menjadi raja dalam laga kontra Thailand setelah mencetak tiga gol yang membawa kemenangan untuk Indonesia. Gol Indah Evan Dimas dicetak dengan indah melalui tendangan-tendangan yang tidak bisa dibedung oleh penjaga gawang Thailand. Evan mencetak gol di menit ke-15, 75 dan penalti pada menit 90+4. 

4. Gol Ke Gawang Myanmark Turnamen SEA Games 2017

Laga ini merupakan pertandingan perebutan medali perunggu SEA Games 2017 antara Indonesia vs Myanmar. Indonesia gagal lolos ke partai final setelah dikalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 1-0. Sementara itu, Myanmar ditundukan Thailand dengan skor yang sama.

Dalam laga ini Indonesia sempat tertinggal satu gol di babak pertama namun Indonesia berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak gol. Evan Dimas menjadi pemain yang membuka gol di babak kedua, sehingga meningkatkan kepercayaan diri para penggawa Garuda Muda untuk membawa pulang perunggu.

Evan Dimas berhasil melesatkan bola ke sudut gawang Myanmar dengan tendangan dari luar kotak penalti menggunakan kaki kirinya.

5. Gol Evan Dimas di Timnas Senior

Evan Dimas berhasil mencetak gol dalam debutnya bersama Timnas Indonesia senior saat uji coba melawan Timor Leste. Namun gol Evan Dimas perdana dalam kejuaraan resmi dicetak saat Indonesia mengalahkan Laos dengan skor 5-1, yakni pada Piala AFF 2014. Dia melesatkan gol melalui tendangan keras dengan kaki kiri.

2K