Perkiraan Formasi Timnas Indonesia Melawan Fiji: Slamet Inti, Lilipaly Supersub

Sabtu, 2 September 2017 07:30 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Indonesia vs Fiji. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Indonesia vs Fiji.

Merupakan sesuatu yang asyik untuk menebak-nebak formasi yang akan diterapkan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Luis Milla Aspas saat berhadapan dengan Fiji pada sebuah pertandingan persahabatan. Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/09/17) akan menjadi saksi kembalinya para pesepakbola terbaik di Tanah Air yang berkumpul untuk membela negara.

Berkekuatan 19 pemain, Milla membawa kipernya di Timnas U-22, Satria Tama untuk menggantikan Kurnia Meiga yang dikabarkan tengah mengalami cedera. Bersama Andritany Ardhiyasa, penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut bakal memperebutkan posisi inti Skuat Garuda, julukan Timnas Indonesia.

© @MaduraUnitedFC
Slamet Nurcahyo saat melawan Persija Jakarta. Copyright: @MaduraUnitedFCSlamet Nurcahyo saat melawan Persija Jakarta.

Arsitek asal Spanyol tersebut sepertinya akan memberikan debut senior pertama untuk Satria. Namun, tidak berangkat sedari awal pertandingan. Andritany diperkirakan akan bertugas sebagai penanggung jawab gawang Skuat Garuda menghadapi gempuran para pemain Fiji sejak peluit kick off dibunyikan.

Milla ditengarai akan kembali menggunakan formasi Timnas U-22 selama bertanding di SEA Games 2017, yaitu, 4-2-3-1. Di depan Andritany, skema empat bek kemungkinan akan dihuni oleh Beny Wahyudi, Fachruddin Aryanto, Ahmad Jufriyanto, dan Johan Ahmad Alfarizy. Meninggalkan Manahati Lestusen dan Abdul Rahman di bangku cadangan.

Masuk ke lini tengah. Bayu Pradana bakal mengunci tugas sebagai gelandang bertahan. Di sebelahnya, Slamet Nurcahyo akan menandakan comeback-nya bermain untuk Timnas senior setelah sekian tahun lamanya.

Tiga pemain yang akan menopang striker tunggal di lini depan diprediksi bakal dimiliki oleh Andik Vermansah, Adam Alis Setyano, dan Rizky Rizaldi Pora. Ujung tombak mutlak diserahtugaskan kepada Boaz Solossa yang kemungkinan juga akan menjabat sebagai kapten tim.

Bila formasi tersebut tidak padu, Milla masih memiliki banyak opsi di bangku cadangan. Gede Sukadana siap bertukar tempat dengan Bayu. Duo Bali United, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly juga bakal menjadi supersub yang menyeramkan dari lapis kedua. Muhammad Rahmat pun demikian. Winger PSM Makassar tersebut dapat memberi suntikan berbeda dari sektor sayap.

Paling menyulitkan adalah menempatkan Lerby Aliandry di bangku cadangan. Performanya sedang tokcer selama kompetisi. Torehan sembilan gol menjadi pembuktiannya sekaligus menobatkan dirinya sebagai pemain lokal tersubur hingga pekan ke-22 Gojek Traveloka Liga 1.

© EPA/Luong Thai Linh
Bintang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly. Copyright: EPA/Luong Thai LinhBintang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly.

Melihat kebiasaan Milla yang sering menerapkan umpan-umpan crossing dari lini kedua, bukan tidak mungkin Lerby yang ahlinya dalam duel bola udara dimainkan sejak awal pertandingan dan menggeser Boaz ke sayap kiri maupun kanan. Ah... Namanya juga prediksi formasi. Kita lihat nanti bagaimana arsitek asal Spanyol itu meramu permainan Garuda Senior.

Berikut 19 nama pemain Timnas Indonesia vs Fiji:

Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija), Satria Tama (Persegres Gresik United)

Bek: Beny Wahyudi (Arema FC), Manahati Lestusen (PS TNI), Fachruddin Aryanto (Madura United), Ahmad Jufriyanto (Persib), Abdul Rahman (Borneo FC), Ahmad Alfarizi (Arema FC)

Gelandang: Adam Alis (Arema FC), Gede Sukadana (Bali United), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Andik Vermansyah (Selangor FA), Stefano Lilipaly (Bali United), Slamet Nurcahyo (Madura United), Irfan Bachdim (Bali United), Rizki Pora (Barito Putera), M. Rahmat (PSM)

Striker: Boaz Salossa (Persipura), Lerby Eliandry (Borneo FC)

6.6K