Boaz Solossa Jadi Pemain Lokal Termahal Indonesia

Kamis, 7 September 2017 01:04 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia, Boaz Solossa. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia, Boaz Solossa.

Setelah merintis karier sepakbola sejak 15 tahun silam, Boaz Solossa membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik Tanah Air. Pemain 31 tahun ini telah menyumbangkan lebih dari 100 gol untuk klubnya, Persipura Jayapura, hingga membawa Mutiara Hitam menjuarai Liga Indonesia.

Sementara di Timnas Indonesia sendiri, Boaz dipercaya sebagai ujung tombak serangan Skuat Garuda, sekaligus mengemban ban kapten Timnas senior. Segala torehan prestasi inilah yang membuatnya layak memiliki nilai pasar yang melambung.

© alchetron.com
Kapten Tim Nasional Indonesia, Boaz Solossa. Copyright: alchetron.comKapten Tim Nasional Indonesia, Boaz Solossa.

Berdasarkan data Transfermarkt, Boaz kini memiliki nilai pasaran sebesar 315 ribu poundsterling, atau sekitar 5,47 miliar rupiah. Nilai tersebut menjadikannya sebagai pemain lokal termahal di Indonesia saat ini.

Di bawahnya, ada bek milik Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. Pemain 30 tahun ini ditaksir bernilai setengah dari nilai Boaz, yakni 158 ribu poundsterling atau sekitar 2,7 miliar rupiah. Harga Jufriyanto tercatat setara dengan pemain PSM Makassar, Reva Adi dan enam pemain lainnya.

Tiga wonderkid Persib Bandung, yakni  Gian Zola, Febri Hariyadi, dan Fulgensius Billy Paji Keraf juga memiliki harga 158 ribu poundsterling. Nilai pasaran Febri dan para pemain Timnas U-22 lainnya memang langsung melejit usai tampil di SEA Games 2017 lalu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTFebri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Sementara secara keseluruhan, pemain termahal di Indonesia adalah rekrutan anyar Bali United, Stefano Lilipaly. Pemain yang dinaturalisasi 2013 silam itu memiliki nilai pasaran sebesar 360 ribu poundsterling, atau sekitar 6,2 miliar rupiah.

Berikut 10 besar pemain lokal termahal di Indonesia:

1. Boaz Solossa (Persipura Jayapura) - Rp 5,47 miliar

2. Achmad Jufriyanto (Persib Bandung) - Rp 2,74 miliar

3. Reva Adi (PSM Makassar) - Rp 2,74 miliar

4. Gian Zola Nasrulloh (Persib Bandung) - Rp 2,74 miliar

5. Febri Hariyadi (Persib Bandung) - Rp 2,74 miliar

6. Fulgensius Billy Paji Keraf (Persib Bandung) - Rp 2,74 miliar

7. Wahyudi Hamisi (Borneo FC) - Rp 2,74 miliar

8. Riswan Yusman (Borneo FC) - Rp 2,74 miliar

9. Muhammad Marasabessy (Madura United) - Rp 2,74 miliar

10. Atep (Persib Bandung) - Rp 2,34 miliar

8.7K