Buntut Makan Pai di Bangku Cadangan, Eks Kiper Sutton Didenda 6,5 Juta

Kamis, 7 September 2017 03:58 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Masih ingat dengan aksi nyeleneh kiper Sutton United kala melawan Arsenal Februari silam? Saat itu, Wayne Shaw, tertangkap kamera sedang melahap kue pai di bangku cadangan. 

Padahal saat itu, Sutton United tengah tertinggal dua gol dari Arsenal dalam laga babak kelima Piala FA. Namun, aksi bengal ini justru membuat Sutton mendapatkan perhatian di luar kegagalannya melaju ke perempatfinal.

Federasi Sepakbola Inggris (FA) pun turun tangan menyikapi ulah serampangan Shaw. Bahkan, FA menduga aksi ini dilakukan Shaw karena skandal perjudian.

Namun, Shaw menanggapi santai tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Penjaga gawang cadangan Sutton ini berkilah aksinya dilakukan karena dirinya benar-benar merasa lapar.

"Saya tidak tahu, saya belum makan apa pun seharian," ujar Shaw seperti dikutip dari The Guardian.

Akhirnya setelah sidang Independent Regulatory Commission yang berlangsung hari ini, Kamis (07/09/17), kiper 45 tahun tersebut terbukti melanggar peraturan FA nomor E5(a) dengan secara sengaja memengaruhi pasar taruhan sepakbola saat Piala FA tersebut.

© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Wayne Shaw Copyright: Catherine Ivill - AMA/Getty ImagesWayne Shaw.

Sebagai sanksinya, Shaw wajib membayar denda sebesar 375 poundsterling, atau sekitar 6,5 juta rupiah. Selain itu, kiper bertubuh gempal ini juga langsung disuspensi dari bermain sepakbola dan aktivitas terkait sepakbola selama dua bulan. 

761