Piala Dunia 2018

Suriah Bisa ke Piala Dunia, AFC Duga Ada Kecurangan di Laga Terakhir Kualifikasi

Jumat, 8 September 2017 15:08 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC). Copyright: © the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC).

Kabar mengejutkan datang dari induk organisasi sepakbola tertinggi Asia, AFC. Pasalnya, baru-baru ini mereka menduga ada kecurangan berujung pengaturan skor yang terjadi dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang berlangsung 5 September 2017 lalu.

Dalam keterangan di situs resminya, organisasi yang berdiri sejak 1954 silam tersebut enggan menyebut pertandingan mana yang dicuragai ada kecurangan pengaturan skor. Mereka pun mengatakan saat ini masih mengumpulkan sejumlah barang bukti.

© INDOSPORT
Logo Piala Dunia 2018. Copyright: INDOSPORTLogo Piala Dunia 2018.

"Asian Footbaal Confederation (AFC) telah memulai proses investigasi, menyusul laporan adanya kecurangan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 tertangga 5 September 2017."

"AFC saat ini tengah menunggu untuk menerima semua laporan relevan sebelum bisa melanjutkannya ke tahap berikutnya," tulis AFC.

Demi menunjukkan keseriusannya, pihak AFC pun mengatakan akan menjalin kerja sama dengan FIFA, selaku induk organisasi sepakbola dunia.

© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Copyright: LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty ImagesLogo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

"Untuk kasus ini, AFC akan menjalin kerja sama dengan badan sepakbola dunia, FIFA untuk memberikan laporan terkait yang termasuk dalam yuridiksi FIFA."

Dalam laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 5 September 2017 lalu, sebanyak empat negara sudah dipastikan mendapat satu tempat ke Rusia. Mereka adalah Iran, Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Tidak hanya itu, dari hasil laga Kualifikasi 5 September 2017 itu sendiri, Suriah yang negaranya saat ini dilanda konflik juga berpeluang tampil di Piala Dunia 2018. Hasil itu didapat setelah mereka berhasil menahan imbang Iran dengan skor 2-2.

© cbc.ca
Skuat Timnas Suriah. Copyright: cbc.caSkuat Timnas Suriah.

Pada Oktober 2017 nanti, Suriah akan melakoni laga play-off melawan Australia. Pemenang di laga itu sendiri nantinya akan kembali diadu dengan peringkat empat zona CONCACAF pada November 2017, yang pemenangnya akan melaju ke Piala Dunia 2018.

11