Liga 1

Borneo FC 0-0 Bali United: Sylvano Comvalius Mandul di Samarinda

Senin, 11 September 2017 20:54 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ramadhan
© Grafis: Tim/Indosport.com
Hasil pertandingan Borneo FC vs Bali United. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Hasil pertandingan Borneo FC vs Bali United.

Borneo FC berhasil menahan imbang 0-0 Bali United (BU) pada lanjutan pekan ke-23 Gojek Traveloka Liga 1. Berlaga di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (11/09/17) penyerang BU, Sylvano Comvalius mati kutu di tangan Kunihiro Yamashita dan kawan-kawan.

Babak Pertama

Borneo FC menurunkan skuat terbaiknya. Pelatih Iwan Setiawan memainkan formasi menyerang penuh. Skema 4-2-3-1 digunakan dengan Shane Smeltz sebagai ujung tombak tunggal. Di belakangnya, menopang Lerby Eliandry, Patrich Wanggai, dan Terens Puhiri.

Tim lawan tidak mau kalah. Arsitek BU, Widodo C. Putro juga menurunkan skuat terbaiknya. Kuartert Stefano Lilipaly, Niv van der Velden, dan Irfan Bachdim mendukung Sylvano Comvalius yang berdiri sendirian di depan.

Menit-menit awal berlangsung ketat dan keras. Di menit ke-8, Smeltz diganjar kartu kuning oleh wasit setelah melanggar bek Serdadu Tridatu, julukan BU, Dias Angga Putra. Selang dua menit kemudian, giliran pemain BU yang mendapat kartu kuning usai Van der Velden menerjang bek Borneo FC, Leonard Tupamahu.

Dalam jarak waktu empat menit, Borneo kembali dihadiahi dua kartu kuning. Masing-masing untuk Leonard (22’) dan Terens (26’).

BU memiliki peluang untuk unggul lebih dulu. Baam! Tendangan Van der Velden di menit ke-39 masih membentur mistar gawang tuan rumah.

Wasit asal Kyrgistan, Rysbek Shekerbekov memberikan tambahan waktu selama tiga menit babak pertama. Hingga jeda turun minum, tidak ada gol tercipta dari kedua tim.

Babak Kedua

Pada menit ke-55, gelandang BU, Fadil Sausu mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalty. Namun, masih melayang jauh di atas mistar kiper Borneo FC, Muhammad Ridho.

Semenit kemudian, tuan rumah mendapatkan peluang. Akan tetapi, tandukan Lerby masih lemah di sisi kanan gawang Made Wardhana.

Iwan melakukan penyegaran di menit ke-65 dengan menarik Lerby untuk digantikan dengan Febri Setiadi Hamzah. Formasi berubah menjadi 4-4-2 dengan Smeltz ditemani oleh Febri di lini depan.

Hampir saja! Sudah berhadapan satu lawan satu dengan Kadek Wardana, tendangan Smeltz masih tipis di atas mistar gawang BU. Pesut Etam, julukan Borneo FC, kembali menyia-nyiakan kesempatan di menit ke-69.

Menit ke-84, Irfan Bachdim membuang peluang emas. Kesempatan yang dimilikinya di depan gawang lawan sia-sia. Sebab, sepakannya masih melebar.

Memasuki menit-menit akhir, tidak banyak peluang yang terjadi. Alhasil, skor kacamata berakhir untuk kedua tim.

Dengan hasil ini, BU gagal menyalip Bhayangkara FC di puncak klasemen sementara. Saat ini, Serdadu Tridatu menempati posisi kedua dengan perolehan 45 poin dari 23 laga. Sedangkan Borneo FC, masih berkutat di rangking ke-11 dengan 33 angka.

Susunan Pemain Borneo FC vs Bali United:

Borneo FC (4-2-3-1): Muhammad Ridho; Leonard Tupamahu, Kunihiro Yamashita (C), Matheus Henrique, Diego Michiels; Asri Akbar, Flavio Beck Junior; Terens Puhiri, Patrich Wanggai, Lerby Eliandri; Shane Smeltz.

Pelatih: Iwan Setiawan.

Bali United (4-2-3-1): I Made Wardhana; Hasyim Kipuw, Abdul Rahman, Agus Nova, Dias Angga Putra; Fadil Sausu (C), Taufiq; Stefano Lilipaly, Nick van der Velden, Irfan Bachdim; Sylvano Comvalius.

Pelatih: Widodo C. Putro.