Kalah dari Madura United, Ini Alasan Arema FC

Senin, 11 September 2017 09:10 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Arema FC menelan kekalahan saat bertandang ke Stadion Pamekasan, Madura, dalam laga lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 pekan ke-23. Dalam laga bertajuk Derby Jatim tersebut, anak asuh Joko Susilo harus mengakui keunggulan 0-2 dari tuan rumah.

Sebelumnya, Joko sempat mengutarakan bahwa laga kontra Madura United seperti laga final untuk Singo Edan. Kekalahan pun mereka terima pasca dua gol dari Slamet Nurcahyo di menit 53 dan 83 tak mampu dibalas oleh Adam Alis dkk.

Kekalahan ini pun semakin menjauhkan harapan Arema untuk kembali ke papan atas, lantaran masih tertahan di urutan ketujuh klasemen Liga 1 dengan 34 poin.

“Jelas kami kecewa tidak bisa meraih tiga poin,” kata bek muda Arema FC, Junda Irawan membuka konferensi pers selepas laga.

Dijelaskan Joko Susilo, bahwa sebenarnya Arema juga menciptakan segudang peluang untuk mengejar defisit gol. Esteban Vizcarra maupun Adam Alis, kerap merepotkan lini belakang MU meski peluang yang didapat tak membuahkan gol.

© Ian Setiawan/Indosport.com
Tiga pemain Madura United coba menghentikan agresifitas Esteban Vizcarra Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comTiga pemain Madura United coba menghentikan agresivitas Esteban Vizcarra

"Babak pertama strategi berjalan dengan lancar. Tapi di babak kedua, kami harus mengganti dua pemain yang cedera," ungkap pelatih Arema FC tersebut.

Arema memulai laga dengan begitu tenang dalam meredam aliran serangan MU. Taktik dengan menerapkan formasi false nine juga terlihat sukses mengelabui lini pertahanan MU dengan pergerakan free roll yang diperankan Juan Pablo Pino maupun Vizcarra.

Kesulitan Singo Edan memang bermula dari keluarnya Juan Pablo Pino dan Syaiful Indra Cahya. Meski kemudian memasukkan Dendi Santoso dan Cristian Gonzales, namun harapan mengubah keadaan tak juga terwujud lantaran berkurangnya distribusi bola di lini tengah.

© Ian Setiawan/Indosport.com
Juan Pablo Pino, playmaker Arema yang meringis kesakitan saat cedera hamstring. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comJuan Pablo Pino, playmaker Arema yang meringis kesakitan saat cedera hamstring.

Strategi Arema pun selalu mentok lantaran tidak adanya penyerang bertipikal agresif, pasca cederanya Dedik Setiawan dua hari sebelum lawatan ke Madura.

"Saya harus mengganti mereka yang cedera, namun tidak ada pilihan lagi. Saya pikir hal itulah yang menjadi kekurangan tim ini," papar pengganti Aji Santoso itu.

"Tapi kami tak mau banyak alasan soal kekalahan ini. Dan soal penyelesaian akhir, tentu menyisakan evaluasi lagi," tutupnya.

387