Piala AFF U-18 2017

Jaga Asa ke Semifinal, Indra Sjafri Pantang Remehkan Brunei

Selasa, 12 September 2017 15:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya usai internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri memantau anak asuhnya usai internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga terakhir Grup B Piala AFF U-18 melawan Brunei, Rabu (13/09/17). Karenanya pelatih Indra Sjafri telah mempersiapkan kondisi anak asuhnya. Ia memilih untuk memberikan latihan ringan agar tenaga para pemain tidak terkuras.

"Kami fokus menghadapi laga besok melawan Brunei. Kita hari ini jalani latihan ringan saja di halaman hotel untuk menjaga kondisi anak-anak," tutur Indra Sjafri.

© Facebook/@MFFMYANMAR
Selebrasi Timnas U-19 usai membobol gawang Filipina. Copyright: Facebook/@MFFMYANMARSelebrasi Timnas U-19 usai membobol gawang Filipina.

Mantan pelatih Bali United tersebut juga mengingatkan anak asuhnya agar tidak menganggap remeh lawan. Kemenangan atas Brunei disebut harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar untuk tetap menjaga peluang Timnas U-19 lolos ke babak semifinal.

"Brunei tim yang tidak boleh dianggap enteng meski sudah tidak ada peluang lolos. Kami wajib menang agar dapat lolos ke semifinal dan kami juga menunggu laga Vietnam melawan Myanmar setelah laga kami, " tegas Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra Sjafri menjelaskan semua pemain Timnas U-19 sudah melupakan kekalahan 0-3 dari Vietnam, Senin (11/09/17). Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu juga sudah melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada, serta memohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar bisa berjaya di Piala AFF U-18 tahun ini.

"Pemain sudah melupakan kekalahan melawan Vietnam kemarin, saat ini kita juga sudah lakukan evaluasi kepada tim kita. Kita perbaiki kelemahan dan kekurangan yang ada. Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa lolos semifinal dan menjadi juara Piala AFF tahun ini," tutupnya.

© PSSI
Indra Sjafri saat memberikan wejangan kepada skuat Timnas U-19. Copyright: PSSIIndra Sjafri saat memberikan wejangan kepada skuat Timnas U-19.

Langkah Timnas U-19 untuk lolos ke babak semifinal memang masih terbuka, namun bisa dikatakan sangat berat. Nasib Indonesia bergantung pada hasil Vietnam vs Myanmar (minimal imbang, atau Myanmar kalah) dengan catatan Skuat Garuda Nusantara wajib menang atas Brunei.

Akan tetapi jika Myanmar menang 1-0 atas Vietnam, maka Indonesia diharuskan menang dengan skor besar atas Brunei minimal 8-0.

418