Main di Champions, Mourinho Sebut Man United Bukan Tim Besar

Selasa, 12 September 2017 11:34 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Jose Mourinho dalam konferensi pers Liga Champions. Copyright: © getty images
Jose Mourinho dalam konferensi pers Liga Champions.

Manchester United akan kembali bermain di Liga Champions musim ini, setelah sebelumnya sempat absen selama beberapa tahun pasca ditinggal pensiun oleh manajer legendaris mereka, Sir Alex Ferguson.

Keberhasilan skuat Jose Mourinho untuk bermain di Liga Champions tak lepas dari kontribusinya dalam membawa Setan Merah menjuarai Liga Europa pada musim lalu. Kala itu, Paul Pogba dkk berhasil mengandaskan Ajax Amsterdam di partai puncak dengan skor 2-0.

© Nils Petter Nilsson/Getty Images
Momen Marouane Fellaini tengah selebrasi bersama trofi Liga Europa musim 2016/17. Copyright: Nils Petter Nilsson/Getty ImagesMomen Marouane Fellaini tengah selebrasi bersama trofi Liga Europa musim 2016/17.

Seperti yang kita ketahui, jawara Liga Europa memiliki tiket otomatis untuk masuk ke fase grup Liga Champions di musim selanjutnya. Perjalanan Man United di Liga Champions pun diprediksi akan berjalan jauh, mengingat status Setan Merah kini sebagai klub yang disegani dengan Romelu Lukaku sebagai mesin gol mereka.

Walau begitu, Mourinho tidak mau klub yang ia tangani saat ini disebut sebagai klub besar dan enggan disejajarkan oleh klub-klub besar Eropa lainnya. Ia menilai banyak klub di Liga Champions yang sejajar dengan klub-klub di Liga Europa, namun hanya terdapat 4-5 klub saja yang dapat dikatakan sebagai klub besar.

“Di Liga Champions, hanya ada empat atau lima klub yang dapat dikatakan sebagai klub besar. Hal ini tak lepas dari pengalaman mereka bermain di Liga Champions,” ucapnya dikutip Daily Mail.

“Namun, banyak klub yang bermain di Liga Champions itu sejajar dengan klub-klub yang bermain di Liga Europa. Itulah perbedaannya,” tambahnya.

© Twitter/@ManUtd
Jose Mourinho. Copyright: Twitter/@ManUtdJose Mourinho.

Mourinho juga menambahkan bahwa timnya akan berupaya keras untuk lolos ke fase 16 besar dan akan berusaha menikmati babak sistem gugur tersebut. Di level inilah Setan Merah akan bertemu dengan tim-tim terbaik Eropa. 

Saat ini Romelu Lukaku dkk tergabung dalam Grup A bersama Benfica, Basel dan CSKA Moskow. Setan Merah akan memulai laga perdananya di Liga Champions musim ini dengan menjamu Basel di Old Trafford, Rabu (13/09/17) dini hari WIB.