Takluk dari Barito, Sriwijaya Gagal Beri Kado Ulang Tahun Manis untuk Legendanya

Selasa, 12 September 2017 01:50 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Suasana latihan Sriwijaya FC. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Suasana latihan Sriwijaya FC.

Kegagalan Sriwijaya FC meraih poin saat laga melawan Barito Putera, Minggu (10/9) sore di Stadion Banjarmasin seolah menyisakan duka bagi Keith Kayamba Gumbs. Pasalnya, asisten pelatih Laskar Wong Kito tengah merayakan ulang tahun tepat sehari setelah laga pekan ke-23 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 tersebut.

Namun, pencetak gol terbanyak SFC sepanjang masa ini enggan memikirkan hal tersebut dan mengaku tetap berpikir positif.

© Twitter @Liga1Match
Kemenanga 2-0 berhasil diraih Barito Putera kala menjamu Sriwijaya FC. Copyright: Twitter @Liga1MatchKemenanga 2-0 berhasil diraih Barito Putera kala menjamu Sriwijaya FC.

"Kecewa itu pasti, karena saya tahu mereka bisa berbuat lebih dan mendapat hasil yang positif. Tetapi tidak boleh larut dalam kesedihan, mereka mesti cepat bangkit," jelasnya saat dihubungi Senin (11/09/17) siang.

Diakuinya, dirinya pun tidak menyesal menerima pinangan dari manajemen SFC meskipun saat ini klub yang pernah dibelanya selama 5 musim ini tengah berada dalam periode sulit.

© Internet
Keith Kayamba Gumbs (Sriwijaya FC) Copyright: InternetKeith Kayamba Gumbs saat masih akfif menjadi pemain Sriwijaya.

"Dalam kondisi normal, mungkin orang lain akan mencari klub yang sedang di atas atau peluang juara. Tetapi saya punya hubungan baik dengan manajemen, masyarakat, dan suporter SFC sehingga memutuskan bergabung. Saya juga yakin bisa membantu tim ini bangkit nanti," tegasnya.

Terkait ultah yang ke-44, ayah dari dua putra ini menyatakan tidak memiliki doa khusus dan hanya berharap diberikan kesehatan.

"Yang penting sehat sehingga bisa terus berbuat baik dan bermanfaat kepada sesama. Doa saya hanya itu, sederhana seperti filosofi bermain sepakbola saya selama ini," bebernya.

© Internet
Keith Kayamba Gumbs pelatih fisik Sriwijaya FC Copyright: InternetKeith Kayamba Gumbs saat ini menjadi pelatih fisik Sriwijaya FC.

Menurutnya, usai pensiun dari lapangan hijau, selain melanjutkan studi, dirinya pun menyempatkan diri menjadi relawan di sebuah sekolah bagi orang-orang berkebutuhan khusus di Australia.

"Selama dua kali dalam sepekan, saya bertemu dan melayani mereka. Hal ini membuat kita dapat lebih merasakan dan peduli terhadap sesama. Doa saya tadi sangat sederhana karena saya harus sadar dari mana dulu berasal, dengan semua apa yang saya alami dan dapatkan, maka saya wajib bersyukur," pungkasnya.

509