Usai Legenda Persib, Kini Mantan Pemain Timnas Meninggal Dunia

Selasa, 12 September 2017 19:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Kabar duka kembali menyelimuti sepakbola Tanah Air. Salah satu mantan pemain Timnas Indonesia era 1970-an, Bambang Sunarto dikabarkan meninggal dunia pada, Selasa (12/09/17) pagi tadi pukul 09:50 WIB dan telah dimakamkan pada sore tadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ciracas, Jakarta Timur.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui unggahan di akun Instagram @pssi_fai. Semasa masih aktif di sepakbola, Bambang Sunarto diketahui merupakan mantan pemain Krama Yudha dan PSSI Binatama era 1980-an.

 

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah mantan pemain Timnas Indonesia era 1970-an, Bambang Sunarto, pada hari Selasa, 12 September 2017, pukul 09.50 WIB. Dan dimakamkan pada pukul 15.00 WIB di TPU Ciracas, Jakarta Timur. Almarhum Bambang merupakan mantan pemain Krama Yudha dan PSSI Binatama era 1980-an, serta menjadi legenda Jaka Utama Lampung di era Galatama bersama Bujang Nasril, Mundari Karya dan M. John. Mengawali karier sebagai seorang petinju, almarhum hijrah menjadi pesepakbola. Ia pernah menjadi bagian Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun 1979 Jepang. Indonesia tergabung dalam Grup B, bersama Polandia, Yugoslavia, dan Argentina, yang kala itu diperkuat Maradona - pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Mari doakan, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT. #RIPBambangSunarto

A post shared by PSSI - FAI (@pssi__fai) on

Pada masa jayanya, almarhum pernah bermain untuk skuat Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 di Jepang pada tahun 1979. Saat itu Indonesia berada satu grup bersama Polandia, Yugoslavia, dan Argentina.

Bahkan kala itu pemain legendaris Argentina, Diego Maradona juga diketahui berpartisipasi membela negaranya di Grup B, di mana pada akhirnya Maradona ditetapkan sebagai pemain terbaik dalam kejuaraan tersebut.

Meski mendedikasikan hidupnya untuk sepakbola, Bambang Sunarto rupanya mengawali kariernya di dunia olahraga lewat cabang adu jotos alias tinju.

Kepergian Bambang Sunarto memang sedikit mengejutkan, lantaran baru beberapa hari ini Indonesia telah kehilangan salah satu mantan pemain Timnas dan juga legenda Persib, Rukma Sudjana yang meninggal Minggu (10/09/17) pukul 04.35 WIB.

Selamat jalan legenda sepakbola Indonesia, Bambang Sunarto dan Rukma Sudjana, semoga mendapat tempat yang indah di surga.

659