Comeback, Alfred Riedl Bakal Kembali Tangani Timnas Vietnam?

  • Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl, disebut-sebut akan kembali menangani Timnas Vietnam.
  • Federasi Sepakbola Vietnam disebut-sebut kembali menunjuk pelatih asal Austria tersebut untuk membesut Timnas usai memecat pelatih kepala Nguyen Huu Thang usai kegagalan di SEA Games 2017.
Rabu, 13 September 2017 16:38 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© affsuzukicup
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016. Copyright: © affsuzukicup
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016.

Pesona Alfred Riedl sebagai pelatih tampaknya belum pudar di kancah Asia Tenggara. Meski sebelumnya gagal membawa Timnas Indonesia meraih gelar juara di ajang Piala AFF 2016 lalu, namun pelatih 67 tahun tersebut kini justru dibidik untuk menangani Timnas Vietnam.

Saat ini, Timnas Vietnam masih belum memiliki pelatih kepada usai Nguyen Huu Tang memilih mundur karena tak mampu membawa Timnas Vietnam menjuarai SEA Games 2017. Saat ini tim berjuluk The Golden Star itu masih ditangani oleh pelatih sementara.

Timnas Vietnam senior tampaknya harus secepatnya mencari pelatih kepala karena dalam beberapa minggu ke depan, mereka bakal berlaga di babak kualifikasi Piala Asia 2019.  Seperti dilansir Fox Sport Asia, Riedl menjadi opsi terbaik untuk menangani Timnas senior Vietnam karena mereka bakal segera mernghadapi Kamboja pada Oktober mendatang.

Alfred Riedl Panggil 47 Pemain Seleksi Timnas Copyright: InternetAlfred Riedl Panggil 47 Pemain Seleksi Timnas

Riedl bukan sosok baru untuk Timnas Vietnam, ia pernah dua kali melatih Vietnam di era 1998-2000 dan 2005-2007. Ia sukses mengantarkan Vietnam ke perempatfinal Piala Asia 2007.

Kiprahnya sebagai pelatih tim di Asia Tenggara tak perlu diragukan lagi. Selain Vietnam, Riedl juga pernah dipercaya menangani Timnas Indonesia pada medio 2010–2011 dan 2013-2014.

Meski usianya tak muda lagi, Riedl sendiri belum menyatakan keputusannya untuk pensiun sebagai pelatih. Sehingga tak menutup kemungkinan ia akan kembali membesut Timnas Vietnam.