Liga Champions

Coret Mignolet, Klopp Lebih Pilih Karius Kawal Gawang Liverpool

  • Loris Karius baru sekali tampil hingga 90 menit sejak Januari saat Liverpool mengalahkan Arsenal 4-0.
  • Simon Mignolet justru pernah tampil di ajang Liga Champions saat bertemu Hoffenheim di babak play-off.
Rabu, 13 September 2017 19:08 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT
Jurgen Klopp acungkan jempol kepada pemainnya di simbolkan bentuk apresiasi. Copyright: © INDOSPORT
Jurgen Klopp acungkan jempol kepada pemainnya di simbolkan bentuk apresiasi.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, telah merilis daftar pemain yang akan diturunkannya dalam laga pembuka Liga Champions musim ini melawan Sevilla, Kamis (14/09/17). Secara mengejutkan, pelatih asal Jerman itu memilih Loris Karius untuk posisi di bawah mistar Liverpool.

Padahal sebelumnya Klopp sudah menegaskan bahwa kiper utama The Reds adalah Simon Mignolet. Sementara Karius menjadi cadangan dari Mignolet andai sang kiper utama itu berhalangan tampil.

Loris Karius dan Simon Mignolet, dua kiper Liverpool. Copyright: Matthew Ashton/Catherine Ivill/GettyImagesLoris Karius dan Simon Mignolet, dua kiper Liverpool.

"Saya telah memutuskan siapa yang akan menjadi kiper. Saya sudah membicarakan hal ini dengan para pemain. Jika tidak ada sesuatu yang terjadi, maka Loris yang akan tampil sebagai starter," ungkap Klopp di Liverpool Echo.

Klopp pun dinilai melakukan perjudian. Dalam periode antara Januari sampai September, Karius hanya pernah bermain selama 90 menit bersama tim utama Liverpool. Namun, dalam pandangan Klopp, Mignolet dan Karius punya level yang sama.

"Jika mereka berlatih dengan buruk, maka mereka tidak layak tampil dalam sebuah pertandingan. Tapi keduanya telah berlatih sama baiknya. Mereka mampu menjaga level permainan tetap tinggi," lanjut Klopp.

Putusan Klopp rupanya untuk memberi atmosfer persaingan kepada kedua kiper. Jika Mignolet terus dimainkan sepanjang musim sementara kiper kedua tak pernah tampil, itu akan memberi dampak buruk bagi tim.

Caption Copyright: INTERNETLoris Karius akhirnya bisa merasakan atmosfer Liga Champions.

"Itulah rencananya, mereka akan bersaing dan mereka yang memutuskan siapa yang berhak tampil melalui performa mereka. Mengapa Anda harus selalu berpikir soal nomor 1, nomor 2, atau nomor 3 hingga pertandingan terakhir? Tapi bukan berarti ia tidak bisa menjadi nomor satu," imbuh Klopp.

Liverpool akan menjalani pertandingan pertama di Liga Champions melawan Sevilla. Selain pasti menurunkan Karius, Klopp justru masih meragukan kebugaran Muhamed Salah. Padahal laga pertama ini akan sangat penting dalam membangun jalan untuk lolos ke fase berikutnya.