PIALA AFF U-18

3 Alasan Muhammad Iqbal Jadi Penentu Timnas U-19

Kamis, 14 September 2017 18:26 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gelandang Timnas U-19, Muhammad Iqbal. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gelandang Timnas U-19, Muhammad Iqbal.

Laga melawan Thailand di babak semifinal Piala AFF U-18 nanti, adalah ajang balas dendam bagi Tim Gajah Putih saat dibantai Timnas U-19 pada 2013 lalu di ajang yang sama.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 yang berada di Grup B mampu mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. Padahal, Thailand disebut-sebut sebagai salah satu tim kuat yang bisa menjadi batu sandungan Evan Dimas cs lolos dari penyisihan grup.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Senin (16/09/13), Evan Dimas sukses mencetak hattrick ke gawang Thailand yang dikawal Rattanai Songsangchan. Sejak saat itu, nama Evan Dimas mulai menarik perhatian publik sepakbola Indonesia bersama Timnas U-19.

Selain mampu mengalahkan Thailand, ia juga berhasil membawa Skuat Garuda Nusantara menjadi juara Piala AFF-U-19 ditengah prestasi sepakbola nasional yang sedang memburuk.

© internet
Selebrasi Evan Dimas di ajang Piala AFF U-19 2013. Copyright: internetSelebrasi Evan Dimas di ajang Piala AFF U-19 2013.

Setelah tampil mengesankan, Evan Dimas mulai naik level dipanggil Alfred Riedl masuk dalam skuat Timnas senior Indonesia di Piala AFF 2014.

Selama bermain untuk Timnas U-19, pemain bernomor punggung enam itu menjadi sosok sentral di lini tengah, dirinya mampu menjadi jembatan untuk mengalirkan bola dari lini ke lini, serta passingnya yang kerap memanjakan penyerang Indonesia. Sejak itu, nomor enam pun menjadi nomor keramat dirinya. 

Kini, Evan yang sudah berusia 22 tahun tak mungkin lagi bisa masuk ke dalam skuat Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri untuk Piala AFF U-18. 

Lalu siapakah pemain yang mampu menjadi penentu kemenangan Timnas U-19 seperti Evan Dimas pada tahun 2013 saat mengalahkan Thailand di Piala AFF U-19? Jawabnnya adalah Muhammad Iqbal, pemain asli Pariaman, Sumatra Barat, ini mencuat bersama PPLP Sumbar.

Melewati seleksi blusukan Indra Sjafri, Iqbal kemudian berhasil mencuri perhatian dan dibawa ke dalam skuat untuk berlaga di Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. INDOSPORT pun merangkum tiga alasan mengapa Muhammad Iqbal bisa menjadi penentu kemenangan Timnas U-19 melawan Thailand yang akan berlangsung Jumat, (15/09/17) pukul 18:30.

2.7K