Liga 1

Dihukum Berat oleh Komdis PSSI, Borneo FC Bereaksi

  • Pihak manajemen Borneo FC merespons sanksi berat yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terhadap mereka.
  • Borneo FC menganggap sanksi dan hukuman yang dijatuhkan kepada mereka terlalu tergesa-gesa.
Kamis, 14 September 2017 16:41 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter@Liga1Match
Pusamania Borneo vs Sriwijaya FC Copyright: © twitter@Liga1Match
Pusamania Borneo vs Sriwijaya FC

Dalam website resminya, pihak Borneo FC menyebut keputusan sanksi yang dijatuhkan oleh pihak Komdis PSSI terhadap mereka merupakan sebuah tindakan sepihak dan tergesa-gesa.

Terlebih lagi, pihak manajemen klub berjuluk Pesut Etam tersebut telah mempersiapkan kebutuhan pertandingan melawan Persib Bandung di Stadion Segiri, Samarinda, yang akhirnya dibatalkan.

“Keputusan sepihak dan tergesa-gesa itu pun membuat berbagai persiapan menjadi percuma. Seperti diketahui, panpel Borneo FC telah menyiapkan kendaraan penjemput untuk tim tamu, Persib Bandung di Bandara Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, 14 September 2017,” tulis Manajemen Borneo FC di website resminya.

“Di sisi lain, surat pemberitahuan sanksi dari Komdis masuk pada Kamis dini hari tanggal 14 September 2017 pukul 00.37 WITA. Selain itu, pendistribusian tiket pertandingan telah dilakukan dan terjual kepada khalayak ramai, termasuk mengakomodir kuota suporter tim tamu, Bobotoh, untuk menyaksikan pertandingan.”

Skuat Borneo FC. Copyright: Instagram/borneofc.idSkuat Borneo FC.

Sebagai informasi, Komdis PSSI memberikan sanksi kepada panitia pertandingan Borneo FC dilarang menggelar empat pertandingan di markas mereka dan harus menggelar laga kandang dengan jarak radius 100 KM di luar Samarinda.

Sanksi berat itu sendiri didasarkan pada insiden yang terjadi usai laga melawan Bali United. Insiden yang dimaksud melibatkan Presiden Klub Pusamania Borneo FC Nabil Husein dan seseorang yang tidak teridentifikasi, terbukti terlibat insiden dengan perangkat pertandingan (wasit) dan LO Wasit.

Berikut respons resmi Boreno Fc atas sanksi berat yang dijatuhkan Komdis PSSI.

  • Borneo FC per tanggal 14 September 2017 secara resmi melayangkan surat tanggapan kepada operator kompetisi. Selain itu, Borneo FC di hari yang sama telah bersurat kepada Komisi Banding (Komding) PSSI terkait putusan Komisi Disiplin (Pasal 118 Kode Disiplin). 
  • Borneo FC mengajak semua pihak untuk mengedepankan azas praduga tak bersalah, mengingat putusan Komdis ini diberikan tanpa terlebih dahulu memanggil atau mendengarkan pembelaan/klarifikasi. 
  • Borneo FC berkomitmen menjaga kepercayaan fans dengan menjamin proses refund tiket pertandingan melawan Persib Bandung akan dilakukan dengan sesegera mungkin. 
  • Borneo FC belum memutuskan venue/stadion alternatif perihal pertandingan kandang berikutnya karena masih menunggu keputusan Komisi Banding (Komding) PSSI. Secara garis besarnya, Borneo FC tidak akan menggelar pertandingan di luar Kalimantan Timur. 
  • Mengingat pentingnya hubungan antar kelompok suporter, Borneo FC menghimbau fans/suporter lain untuk tidak mudah terpancing dengan segala simpang siur pemberitaan dan bisa lebih bijak menyikapi isu yang berkembang saat ini.