Piala AFF U-18 2017

Lolos Semifinal, Kata-kata Ini Serangan Balik Indra Sjafri ke Iwan Setiawan?

  • Timnas Indonesia U-19 tembus semifinal Piala AFF U-19.
  • Pelatih Garuda Nusantara, Indra Sjafri, tampaknya memberikan pesan tersirat di Instagram nya untuk yang meragukan anak asuhnya.
Kamis, 14 September 2017 10:49 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Rizky Pratama Putra
Indra Sjafri

Timnas Indonesia U-19 berhasil memastikan diri tampil di semifinal Piala AFF U-18 2017 dengan status juara grup B. Kontestan lain yang juga masuk ke fase 4 besar adalah Malaysia U-19, Thailand U-19, dan Myanmar U-19.

Sebelumnya, Egy Maulana dan kawan-kawan sebenarnya memiliki peluang yang sempit untuk tembus semifinal. Pasalnya, mereka wajib mencetak minimal 8 gol tanpa kebobolan di laga terakhir fase grup agar tak bergantung pada laga lain. 

Namun, berkat penampilan spartan yang diperagakan sejak menit awal saat kontra Brunei Darussalam U-19, Rabu (13/09/17) kemarin, Garuda Nusantara berhasil menuntaskan skenario tersebut dan menang 8-0.

Hasil pertandingan Brunei vs Indonesia. Copyright: Grafis: Eli SuhaeliINDOSPORTHasil pertandingan Brunei vs Indonesia.

Keberhasilan ini pun disyukuri oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Menurutnya, hasil manis itu tak lepas dari perjuangan pemain serta doa rakyat Indonesia yang mengiringi langkah timnas di kejuaraan yang berlangsung di Myanmar tersebut.

"Alhamdulillah kami lolos ke semifinal tanpa menunggu hasil pertandingan Vietnam lawan Myanmar malam ini. Terima kasih kepada perjuangan para pemain dan doa bangsa Indonesia kepada kami," ucap Indra Sjafri selepas laga, Rabu (13/09/17).

Selain itu, ada yang menarik dari akun Instagram pelatih asal Padang tersebut. Ia mengunggah pesan yang menyiratkan rasa tak peduli atas suara sumbang yang diarahkan kepada anak asuhnya sebelum kejuaraan tersebut dimulai.

Begini bunyinya: "Direndahkan Tidak Mungkin Jadi "SAMPAH".  Disanjung Tidak Mungkin Jadi "REMBULAN". Maka Jangan Risaukan "OMONGAN" Orang, Sebab Setiap Orang Membacamu Dengan Pemahaman Dan Pengalaman Yang Berbeda."

Apakah kata-kata tersebut ditujukan untuk Iwan Setiawan? Kita tentu ingat ungkapan pelatih Borneo FC tersebut yang mendoakan Timnas U-19 gagal ke semifinal. Namun, pada akhirnya, mantan pelatih Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya tersebut meminta maaf dan mengklarifikasi ungkapannya tersebut.

"Bukan maksud saya mendoakan. Karena itu tidak pantas," ungkap pelatih berusia 33 tahun tersebut sebagaimana diberitakan INDOSPORT (07/09/17) lalu.

Kini, Timnas Indonesia U-19 akan berjibaku melawan runner up grup A, Thailand U-19 Jumat, 15 September pukul 15.00 WIB. Sementara itu, Malaysia U-19 (juara grup A) akan melawan runner up grup B Myanmar U-19, di partai semifinal lain yang berlangsung di hari yang sama.