Update Peringkat FIFA: Indonesia Ikuti Langkah Jerman

  • FIFA merilis ranking terbaru.
  • Indonesia naik sebanyak enam peringkat.
Kamis, 14 September 2017 16:53 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© FABRICE COFFRINI/AFP/Getty Images
FIFA (Federation Internationale de Football Association) Copyright: © FABRICE COFFRINI/AFP/Getty Images
FIFA (Federation Internationale de Football Association)

Timnas Indonesia berhasil merangkak naik ke tangga 169 dalam ranking FIFA terbaru. Sementara Jerman salip Brasil untuk duduki puncak klasemen.

Indonesia naik sebanyak enam tangga dari sedianya peringkat 175. Ada pun sebelumnya posisi 169 ditempati oleh Nepal, yang kini menempati peringkat 175 - tukar posisi.

Ranking FIFA. Copyright: FIFARanking FIFA.

Timnas Indonesia mengikuti langkah Jerman, Portugal, Belgia dan negara-negara lain yang berhasil memperbaiki peringkat di ranking FIFA periode ini. Posisi lima besar diisi oleh dua klub zona CONMEBOL, yakni Brasil (2), dan Argentina (4), sementara Eropa atau zona UEFA kirim tiga perwakilan di lima besar (lihat gambar).

Dari 20 besar, Wales terbilang tim paling canggih. Negara yang menggebrak di Piala Eropa 2016 silam naik lima tangga ke peringkat ke-13, menyalip Inggris, Italia, dan Meksiko.

Ranking FIFA. Copyright: FIFA
Ranking FIFA. Copyright: FIFARanking FIFA.

Denmark (naik 20 tangga), Serbia (naik 10 tangga), dan Belanda (naik 7 tangga) adalah tiga dari sekian tim yang menanjak drastis di peringkat FIFA, sama seperti Montenegro (naik 15 tangga), Bulgaria (naik 14 tangga), dan Skotlandia (naik 15 tangga).

Kembali ke zona Asia, Indonesia kini terpaut tiga poin saja dari Malaysia yang berada di peringkat 166. Negeri Jiran sendiri tidak beranjak dari posisinya, dan terancam pula oleh Kamboja di peringkat 172.

Ranking FIFA. Copyright: FIFARanking FIFA.

FIlipina menjadi negara Asia Tenggara terbaik karena berhasil duduki tangga 123, diikuti oleh Vietnam (130), Thailand (137), Myanmar (152), Singapura (162), dan Laos (166).