Indra Sjafri Minta Timnas U-19 Tak Remehkan Thailand

Jumat, 15 September 2017 10:07 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-19,  Indra Sjafri. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand di partai semifinal AFF U-19, Jumat (15/09/17). Tim Gajah Perang berhasil lolos ke semifinal setelah menduduki posisi runner-up klasemen grup A.

© Istimewa
Klasemen terakhir Grup A Piala AFF U-18 2017 Copyright: IstimewaKlasemen terakhir Grup A Piala AFF U-18 2017

Thailand bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Meskipun hanya finish di posisi kedua pada fase grup, mereka menjadi tim yang tidak terkalahkan bersama Malaysia. Mereka berhasil memperoleh 13 poin dengan catatan empat kali kemenangan dan sekali  imbang. Mereka juga hanya kalah selisih gol dari Malaysia yang memuncaki klasemen.

Thailand berhasil menceploskan sembilan gol dan hanya kemasukan dua gol saja dari semua laga yang dijalani di fase grup. Meskipun produktivitas gol mereka tidak sebanyak Timnas U-19 bukan berarti Thailand tidak akan menebar ancaman pada laga semifinal kontra Egy Maulana dkk.

Menanggapi hal tersebut, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri meminta anak asuhannya untuk tidak meremehkan kemampuan Thailand. Indra Sjafri juga menyatakan bahwa ia sangat respek dan mewaspadai Thailand. Setiap pemain harus siap secara taktikal, fisik, kebugaran, dan mental.

Sebelumnya, Indra Sjafri menyatakan akan kemungkinan adanya rotasi pemain yang dilakukan karena ia ingin semua pemain yang dibawa ke kejuaraan itu mendapat pengalaman bertanding.

"Di ajang ini saya ingin semua pemain saya kasih kesempatan (bermain). Di tim usia muda, jauh lebih penting yakni kita kasih kesempatan ke semua pemain, karena hakekatnya nanti akan menjadi generasi baru untuk Timnas Senior," ujar Indra Sjafri seperti rilis yang diterima INDOSPORT.

© Zainal/INDOSPORT
Coach Indra Sjafri diwawancara usai laga. Copyright: Zainal/INDOSPORTIndra Sjafri, pelatih Timnas U-19.

Untuk itu, Indra Sjafri juga berpesan pada semua pemain agar percaya diri ketika mendapat kesempatan bermain. Para pemain Timnas U-19 juga diminta untuk tetap fokus serta optimistis bisa melaju ke partai final meski terlebih dahulu ditantang Thailand di babak semifinal.

"Untuk mental pemain, saya selalu tekankan agar selalu percaya diri, fokus serta optimistis," tutur mantan pelatih Bali United tersebut.

182