Piala AFF U-18 2017

Jelang Tantang Thailand, Penggawa Semen Padang Kirim Semangat untuk Timnas U-19

Jumat, 15 September 2017 09:24 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Rizky Pratama Putra
© Indosport/Taufik Hidayat
Nilmaizar saat memimpin latihan Semen Padang. Copyright: © Indosport/Taufik Hidayat
Nilmaizar saat memimpin latihan Semen Padang.

Nilmaizar optimistis Timnas Indonesia U-19 yang akan berhadapan dengan tim kuat Thailand pada babak semifinal akan mampu melangkah ke putaran final. Pelatih Semen Padang ini juga yakin untuk mengulang kembali prestasi di tahun 2013 silam, yaitu keluar sebagai juara turnamen dua tahunan tersebut.

Nilmaizar menilai perjuangan yang ditunjukkan tim asuhan Indra Sjafri di babak penyisihan sudah maksimal. Meski sempat dipaksa menyerah 3-0 dari Vietnam, namun Rachmat Irianto dkk mampu bangkit dengan mencukur Brunei Darussalam dengan skor 8-0 di laga pamungkas Grup B.

"Iya kalau Filipina dan Brunei itu memang di bawah kita tapi menghadapi Thailand adalah ujian sesungguhnya," kata Nilmaizar.

© PSSI
Skuat Timnas U-19. Copyright: PSSISkuat Timnas U-19.

Meski secara kualitas, Brunei disebut Nilmaizar masih berada di bawah Garuda Nusantara. Namun demikian, dia tetap menilai apa yang ditunjukkan para pemain adalah sesuatu yang patut dibanggakan.

"Perjuangan luar biasa sudah ditunjukkan saat menghadapi Brunei, bisa menang 8-0 kalau sempat kurang, seperti 6-0 sudah tidak masuk kita. Tapi mereka bisa memaksa dan menang 6-0 sehingga lolos," jelas mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 itu.

"Yang penting sekarang bagaimana Timnas ini bisa menembus putaran final dan berprestasi lagi," harapanya.

Senada dengan pelatih, winger Semen Padang Riko Simanjuntak juga mengaku optimistis Timnas U-19 bakal mampu melangkah sampai ke final. Bahkan, pemberi 2 assists saat Semen Padang menahan Persib ini yakin Indonesia bisa menang mudah.

"Kalau prediksi saya 2-0 untuk Indonesia. Mudah-mudahan besok bisa menang," harapnya.

© Indosport/Taufik Hidayat
Aksi Riko Simanjuntak saat berduel dengan Shohei Matsunaga. Copyright: Indosport/Taufik HidayatAksi Riko Simanjuntak saat berduel dengan Shohei Matsunaga.

Ditanya pemain yang disukainya, pemain yang akrab disapa Ucok mengaku cukup senang dengan gaya main Samuel Cristianson Simanjuntak dan Saddil Ramdani. Soal Samuel, Riko menolak anggapan karena memiliki nama famili yang sama dengannya.

"Saya suka bukan karena dia sama-sama Simanjuntak dengan saya. Tapi kalau dua pemain ini, Samuel dan Saddil bisa kolaborasi saya yakin sayap kita akan lebih kuat lagi," pungkasnya.

413