Kursi Tandang Terbatas, Suporter FC Koln Rusuh di Kandang Arsenal

Jumat, 15 September 2017 08:38 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Guardian
Para fans FC Koln mendapat kemanan ketat di Emirates Stadium, markas Arsenal. Copyright: © Guardian
Para fans FC Koln mendapat kemanan ketat di Emirates Stadium, markas Arsenal.

Kericuhan suporter terjadi tatkala Arsenal menjamu wakil Jerman, FC Koln, dalam laga lanjutan Grup H Liga Europa di Emirates Stadium, London, Jumat (15/09/17) dini hari tadi. Akibat Kericuhan ini, empat orang diamankan oleh pihak berwenang.

Dikutip dari Independent, kericuhan disebabkan oleh membludaknya suporter tim tamu yang hadir untuk menyaksikan pertandingan. Panitia pelaksana hanya menyediakan 3.000 tiket untuk suporter tamu namun ternyata ada sekitar 20.000 orang suporter tamu yang ingin menyaksikan pertandingan.

© INDOSPORT
Suporter FC Koln menyalakan flare di dalam Emirates Stadium. Copyright: INDOSPORTSuporter FC Koln menyalakan flare di dalam Emirates Stadium.

Kericuhan antara polisi dan suporter FC Koln pun terjadi di luar stadion. Dengan jumlah yang begitu banyak, merekapun memblokir jalanan di sekitaran stadion. Kericuhan dan perkelahian juga terjadi di jalanan menyebabkan adanya korban yang terluka.

Polisi yang tidak bisa membendung arus massa akhirnya membiarkan mereka sampai di stadion. Dari sebuah video yang diambil dari Mirror, suporter juga merusak beberapa pagar yang berada di sepanjang jalan menuju stadion.

Beberapa suporter juga mencoba melewati pagar kawat perintang dan mencoba menerobos gerbang. Hal itu akhirnya memicu bentrokan. Polisi Metropolitan terpaksa mengerahkan lebih banyak petugas. Beberap aekor anjing petugas pun juga nampak di bawa demi mengamankan situasi.

© mirror.co.uk
Suporter FC Koln rusuh di kandang Arsenal Copyright: mirror.co.ukSuporter FC Koln rusuh di kandang Arsenal.
© mirror.co.uk
Suporter FC Koln rusuh di kandang Arsenal Copyright: mirror.co.ukPolisi dan anjing dikerahkan  untuk meredakan situasi.

Untuk bisa menyaksikan pertandingan, banyak di antara suporter FC Koln menyiasatinya dengan menggunakan jersey Arsenal, membeli tiket kandang dan masuk melalui pintu yang disediakan untuk suporter tuan rumah. Mereka kemudian berusaha melompati pagar menuju ke tribun yang disiapkan untuk pendukung FC Koln.

UEFA saat ini sedang melakukan penyelidikan. Saat laga berlangsung, suporter juga kedapatan menyalakan flare dan kemungkinan besar akan ada sanksi yang akan diberikan akibat masalah ini.

Alhasil, pertandingan pun sempat tertunda selama satu jam akibat kejadian tersebut. Beruntung, kubu tuan rumah tidak terpengaruh akan apa yang terjadi di luar lapangan dan dapat memenangkan pertandingan dengan skor 3-1.