Cukup Tiga Hari, Aksi #KoinuntukPSSI Sudah Lampaui Target

Sabtu, 16 September 2017 21:37 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Arif Rahman/Indosport.com
Partisipasi aksi Koin Untuk PSSI Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Partisipasi aksi Koin Untuk PSSI

Aksi #KoinUntukPSSI yang digagas oleh Viking Persib Club (VPC) sudah melampaui target. Hingga Sabtu (16/09/17) pukul 21:15 WIB, uang yang terkumpul di sharinghappiness.org telah mencapai Rp 50.749.471. Padahal gerakan penggalangan dana ini  baru berlangsung selama tiga hari.

VPC bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menampung donatur yang ingin berpartisipasi dalam aksi #KoinUntukPSSI terutama yang berasal dari luar Kota Bandung. Sementara bagi Bobotoh yang berada di Bandung bisa menyumbangkan koinnya ke toko Viking Original Merchandise (VOM) Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Haris Yuliana mendukung langkah Bobotoh. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTWakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Haris Yuliana mendukung langkah Bobotoh.

Jumlah uang yang terkumpul diprediksi lebih dari Rp 50 juta. Karena uang koin yang berada dalam tong dan kardus di toko VOM belum diketahui jumlahnya. Pihak VPC baru melakukan penghitungan uang koin pada Sabtu (16/09/17) malam ini.

Meski demikian, Dirijen Viking, Yana Umar, menyatakan pihaknya akan terus membuka donasi hingga batas akhir pembayaran sanksi. Karena sisa uang yang terkumpul akan langsung disumbangkan untuk membantu pengungsi Rohingya.

"Walaupun target tercapai kita akan tetap membuka donasi, karena nanti kita akan donasikan ke Rohingya baik yang di sini maupun yang di Rumah Zakat," kata Yana, Sabtu (16/09/17).

Yana menambahkan, antusias masyarakat dan Bobotoh sangat besar untuk mengikuti aksi tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepedulian masyarakat. Karena menurutnya koreografi yang berbuah sanksi ini merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan dari Bobotoh.

Seperti diketahui, Bobotoh membuat koreografi bertuliskan "Save Rohingya" saat laga kandang menghadapi Semen Padang di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (09/09/17). Atas aksi solidaritas ini, Persib pun mendapatkan hukuman denda Rp50 juta dari Komisi Disiplin PSSI.

Penulis: Arif Rahman

1.2K