Piala AFF U-18 2017

Pelatih Thailand: Kami Senang Bisa Kalahkan Tim Terbaik di AFF U-18

Sabtu, 16 September 2017 05:43 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© @AFFPresse
Timnas Thailand U-19. Copyright: © @AFFPresse
Timnas Thailand U-19.

Timnas Thailand berhasil mengamankan satu tempat di babak final ajang Piala AFF U-18 2017. Hasil itu mereka dapatkan setelah meraih kemenangan 3-2 lewat drama adu penalti melawan Timnas Indonesia U-19.

Berhadapan dengan Skuat Garuda Nusantara yang berstatus pemuncak klasemen Grup B, Thailand sebenarnya sangat diuntungkan. Bagaimana tidak, mereka berhadapan dengan Timnas U-19 yang harus bermain dengan 10 pemain, setelah Saddil Ramdani mendapat kartu merah.

© PSSI
Indonesia vs Thailand Copyright: PSSIIndonesia vs Thailand.

Namun, keuntungan jumlah pemain itu nyatanya tidak bisa membuat mereka membuka keunggulan selama 45 menit babak kedua berjalan. Keberuntungan baru menghinggapi mereka di babak adu penalti, yang membuat mereka keluar sebagai pemenang.

Pasca pertandingan, kebahagiaan pun terlihat di wajah pelatih Thailand, Marc Palacios. Menariknya, tidak hanya tiket ke babak final yang membuatnya senang.

© aseanfootball.org
Tim Skuat Thailand Copyright: aseanfootball.orgTim Skuat Thailand.

"Tentu saja kami merasa senang karena bisa ke final. Kami juga baru saja mengalahkan salah satu tim besar di turnamen ini," ujar Marc seperti dikutip dari situs resmi AFF.

Saat babak adu penalti, kiper Thailand, Kantaphat Manpati muncul sebagai pahlawan. Bagaimana tidak, secara jitu ia berhasil menepis tendangan dari Muhammad Rifad Marasabessy dan Muhammad Iqbal.

© Instagram
Kiper Thailand, Kantaphat Manpati Copyright: InstagramKiper Thailand, Kantaphat Manpati.

Meski begitu, Marc mengatakan kemenangan Thailand bukanlah hasil kerja keras Manpati seorang, melainkah buah kerja sama yang solid sebagai sebuah tim.

"Kemenangan ini kita dapat bukan hanya karena Manpati yang menepis dua tendangan penalti, tapi juga berkat para pemain lain yang bekerja keras di lapangan," tutupnya.

Atas kemenangan dari Timnas U-19, Thailand pun akan bertemu Malaysia di babak final yang akan berlangsung Minggu (17/09/17) mendatang.

2.3K