Sangat Langka, Pemain Terbaik Bulan Agustus ini Pernah 17 Kali Ganti Klub dalam 8 Tahun

Sabtu, 16 September 2017 18:28 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© thesun.co.uk
Frank Noble menjadi pemain terbaik League Two bulan Agustus. Copyright: © thesun.co.uk
Frank Noble menjadi pemain terbaik League Two bulan Agustus.

Gonta-ganti klub bagi pemain sepakbola profesional adalah hal yang biasa. Bahkan kadang kala mereka menyeberang ke klub yang merupakan arch rival dari klub yang sebelumnya dibela. Ini yang kemudian memicu konflik antara pemain tersebut dengan suporter klub lamanya.

Namun, kisah perjalanan pemain yang satu ini boleh dibilang sangat tidak biasa. Frank Nouble pernah merasakan 17 kostum berbeda sepanjang delapan tahun kariernya di sepakbola profesional.

© thesun.co.uk
Frank Noble. Copyright: thesun.co.ukFrank Noble saat masih berlatih bersama Chelsea.

Pemain yang berposisi sebagai striker ini mengasah talenta sepakbolanya bersama Akademi Chelsea pada usia 10 tahun. Sempat ditawari kontrak profesional bersama The Blues, ia kemudian lebih memilih untuk bergabung ke West Ham United.

Di tahun pertamanya bersama The Hammers, Nouble sebenarnya sempat merasakan suasana yang menyenangkan. Namun ketika pelatih Gianfranco Zola pergi, Nouble pun memulai perjalanan barunya. Sebagai pemain spesialis pinjaman.

Antara 2010 hingga 2012, Nouble pernah dipinjamkan ke tujuh klub berbeda. Di antaranya bersama West Bromwich Albion, Swansea City, dan Charlton Athletic. Namun, klub yang cukup mempercayainya justru Gilingham. Saat itu dia tampil dalam 13 laga dan mencetak 5 gol.

Bosan terus-terusan menjadi pemain pinjaman, striker yang saat ini berumur 25 tahun itu pun mengalihkan pandangan jauh ke timur. Sebuah panggilan telepon dari China menarik hatinya. Jadilah Nouble terbang ribuan kilometer untuk meraih peruntungan barunya di Liga Super China pada 2015 Tianjin Quanjian.

© thesun.co.uk
Frank Noble. Copyright: thesun.co.ukFrank Noble ketika membela Conventry City.

"Saya pikir, saya adalah pemain Inggris pertama yang bermain di sana. Klub China itu berada di posisi kedua dari bawah dan meminta saya untuk membantu mereka lolos dari degradasi. Saya kemudian bisa mencetak tiga gol dan kami selamat dari degradasi. Namun, kemudian mereka berkata akan merekrut Luis Fabiano dan menjadikan Vanderlei Luxemburgo sebagai pelatih. Mereka pun menawarkan saya untuk dipinjamkan ke klub lain," kenang Nouble kepada The Sun.

Setelah dipinjamkan ke Nei Mongol tanpa pernah bermain, Nouble pun kembali ke Inggris. Nouble sempat berkarier bersama Gillingham dan Southend United sebelum akhirnya berlabuh ke Newport County pada musim ini. Tapi, dari tiga klub tersebut, sudah tidak ada lagi status pemain pinjaman yang melekat pada dirinya.

© thesun.co.uk
Frank Noble. Copyright: thesun.co.ukPerjalanan Frank Noble selama delapan tahun. 

Bersama Newport, Nouble pun merasakan sesuatu yang berbeda. Dia kini lebih dihormati dan disegani. Dengan dukungan penuh dari rekan satu timnya, performa Nouble pun segera meroket. Di awal musim ini Nouble mampu mencetak lima gol dalam empat pertandingan. Penampilan yang membawanya terpilih sebagai League Two Player of the Month untuk edisi Agustus 2017.

507