David Luiz Absen vs Man City, Conte Salahkan Sanchez

Senin, 18 September 2017 11:28 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Antonio Conte berikan instruksi kepada para pemainnya. Copyright: © getty images
Antonio Conte berikan instruksi kepada para pemainnya.

Raihan satu poin di laga kandang Chelsea harus dibayar mahal oleh pelatih Antonio Conte. Pasalnya, salah satu pemain andalan The Blues, David Luiz harus diberikan kartu merah oleh wasit Michael Oliver.

Saat pertandingan menit ke-86, terlihat pria berusia 30 tahun tengah menggiring bola ke tengah lapangan. Sang pemain pun mendapatkan penjagaan ketat dari Alexis Sanchez, sebelum akhirnya Sead Kolasinac menghadang Luiz dari arah depan.

Namun nahas, Luiz yang ingin menendang bola justru malah menendang kaki kanan Kolasinac. Wasit asal Inggris itu pun langsung mengeluarkan kartu merah dari sakunya.

© INDOSPORT
David Luiz diberikan kartu merah oleh wasit. Copyright: INDOSPORTDavid Luiz diberikan kartu merah oleh wasit.

Kartu merah yang didapatkan oleh pria asal Brasil itu pun membuat dirinya harus absen dalam tiga pertandingan. Pertama, pada laga melawan Nottingham Forest di Piala Liga Inggris (EFL), serta dua laga lainnya di Liga Primer Inggris kontra Stoke City dan Manchester City, dilansir dari Evening Standard.

Terpaksa harus menyelesaikan laga dengan 10 pemain saja, pelatih Antonio Conte pun membela anak asuhnya. Mengutip Daily Mail (18/09/17), dirinya meyakini bahwa pemain beknya itu diprovokasi oleh Sanchez yang melakukan penjagaan ketat dengan sang pemain sebelum melanggar Kolasinac.

"Saya tidak suka mengomentari keputusan wasit. Ini memang terjadi di masa lalu, tapi satu-satunya hal yang dapat saya katakan ialah apa yang terjadi sebelum David Luiz melakukan tackle. Pasti, itu adalah pelanggaran (oleh Sanchez kepada Luiz). Namun wasit telah menentukan keputusannya. Jika dia menghentikan pertandingan sebelumnya, ini tidak akan terjadi," jelas pelatih berusia 48 tahun itu.

© INDOSPORT
Antonio Conte berdebat dengan wasit Michael Oliver usai insiden kartu merah David Luiz. Copyright: INDOSPORTAntonio Conte berdebat dengan wasit Michael Oliver usai insiden kartu merah David Luiz.

Insiden itu juga mendapatkan perhatian khusus bagi Conte sendiri. Baginya, penting bagi Alvaro Morata dkk untuk bisa memperbaiki catatan disiplin mereka.

"Ini merupakan situasi yang aneh. Namun di situasi yang normal, kami harus melakukan peningkatan. Pada situasi taktik, fisik, Anda harus mencoba dan meningkatkan. Dan juga, Anda harus bisa lebih beruntung di masa depan. Saya pernah menjadi pemain dan itu bisa terjadi, jenis periode ini, Anda tidak beruntung dan menerima kartu merah," ucap mantan pelatih Juventus.

"Kami mencoba untuk memberikan lebih banyak perhatian di masa depan. Saya berharap, juga untuk lebih beruntung lagi dengan keputusan wasit. Bagi kami dan juga untuk lawan. Terkadang, lawan layak mendapatkan kartu merah tetapi mereka justru malah terus bermain dengan 11 pemain."

601