La Liga Spanyol

Sociedad 1-3 Madrid: No Ronaldo? No Problem!

  • Real Madrid sukses mengemas kemenangan 3-1 saat bertandang ke Anoeta Stadium, markas Real Sociedad dalam lanjutan La Liga Spanyol 2017/18 pekan kelima.
  • Kemenangan itu pun membuat Los Blancos kini melejit ke posisi papan atas klasemen sementara La Liga.
Senin, 18 September 2017 03:43 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter Real Madrid
Real Madrid sukses mengemas kemenangan 3-1 saat menghadapi Real Sociedad. Copyright: © Twitter Real Madrid
Real Madrid sukses mengemas kemenangan 3-1 saat menghadapi Real Sociedad.

Babak Pertama

Meski berstatus tim tamu, Real Madrid justru menjadi pihak pertama yang mengambil inisiatif serangan. Carvajal melakukan penertasi ke dalam kotak penalti Real Sociedad, yang dilanjutkan umpan ke arah Asensio. Sayang, sepakan back heel Asensio masih mengenai pemain Sociedad dan hanya berakhir dengan sepak pojok bagi Madrid.

Di menit ke-13, Theo sempat membahayakan gawang Sociedad. Sendirian ia berlari menggiring bola. Saat berhadapan dengan bek lawan, ia sempat terjatuh di dalam kotak terlarang, namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Barulah di menit ke-19, Los Blancos sukses membuka keunggulannya atas Sociedad. Adalah Borja Mayoral, penyerang muda Madrid yang sukses membuat Rulli memungut bola dari gawangnya.

Memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang, Mayoral dengan sigap menyambar bola yang sempat ditahan oleh Sergio Ramos di dalam kotak penalti. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Madrid.

Sayang, keunggulan pasukan Zinedine Zidane itu hanya bertahan selama sembilan menit saja. Di menit ke-28, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sepakan voli Kevin Rodrigues usai menerima umpan silang Odriozola tidak mempu dihadang dengan baik oleh Keylor Navas. Skor menjadi imbang 1-1.

Berhasil menjadi penyelamat lewat golnya, Rodrigues justru harus merasakan kenyataan pahit. Pasalnya, ia justru melakukan gol bunuh diri yang membuat Madrid kembali unggul.

Berawal dari skema serangan balik, Mayoral membawa bola hingga ke kotak penalti Sociedad. Sebuah umpan datar coba ia lepaskan. Rodrigues yang berusaha menahan bola justru membuat bola mengarah tepat ke dalam gawang. Skor 2-1 untuk keunggulan Madrid pun menutup laga babak pertama.

Babak Kedua

Tiga menit pasca kembali dari ruang ganti, Sociedad menuntut wasit untuk memberi mereka penalti, lantaran Prieto dijatuhkan oleh Theo dalam kotak terlarang. Beruntung bagi Madrid, wasit menilai kejadian tersebut bukanlah pelanggaran.

Sama seperti babak pertama, Madrid kembali mengontrol jalannya pertandingan di babak kedua ini. Mayoral yang mencetak gol pembuka keunggulan Madrid nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor, seandainya saja sepakan keras dari luar kotak penaltinya tidak mendarat di pelukan Rulli.

Saat laga menunjukkan menit ke-61, Madrid berhasil menambah keunggulannya atas Sociedad. Kali ini pemain termahal Madrid, Gareth Bale berhasil membuat Rulli memungut bola dari gawangnya.

Berawa dari umpan jarak jauh Isco ke arah gawang Sociedad, Bale dengan sigap berlari kencang untuk mengejarnya, sembari tetap ditempel ketat seorang pemain Sociedad. Namun, laju lari Bale tidak terbendung dan setelah mendapat bola, ia dengan mudah mencongkel bola yang mengarah bebas ke dalam gawang Sociedad. Skor menjadi 3-1.

Meski tertinggal dua gol dari tim tamu, Sociedad masih belum menyerah untuk membobol gawang Navas. Sayang, upaya mereka itu berakhir dengan kegagalan setelah wasit meniup peluit panjangnya. Madrid pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Atas kemenangan ini, Madrid yang semula berada di peringkat 13 langsung melejit ke posisi lima klasemen sementara La Liga Spanyol 2017/18 dengan torehan delapan poin. Sementara Sociedad masih aman di peringkat tiga klasemen dengan catatan sembilan poin.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Real Sociedad (4-5-1): Rulli; Odriozola, Aritz, Llorente, Kevin; Prieto, Illarramendi, Zurutuza, Januzaj; Canales; Willian Jose.
Pelatih: Eusebio Sacristan

Real Madrid (4-3-3): Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Theo; Modric, Casemiro, Isco; Bale, Mayoral, Asensio.
Pelatih: Zinedine Zidane.