Kualifikasi Piala Asia U-16

Jelang Lawan Thailand, Begini Persiapan dan Evaluasi Timnas U-16

Selasa, 19 September 2017 14:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, memilih untuk memberikan latihan ringan pada anak asuhnya menjelang laga melawan Thailand U-16 di partai ketiga babak kualifikasi Piala Asia U-16 di Grup G, Rabu (20/09/17). Hal itu dilakukan tim pelatih untuk memulihkan kondisi pemain pasca laga berat melawan Timor Leste, Senin (18/09/17).

Fakhri Husaini juga menjelaskan kalau pemain mendapat kesempatan untuk refreshing dengan menikmati air alias berenang, di mana hal itu juga merupakan bagian dari recovery untuk mempersiapkan stamina pemain.

© PSSI
Timnas Indonesia U-16 Merayakan Gol ke Gawang Timor Leste Copyright: PSSITimnas Indonesia U-16 selebrasi.

"Persiapan kami sebelum melawan Thailand adalah kami latihan ringan guna untuk pemulihan stamina dan tenaga para pemain sore ini di taman lapangan belakang hotel tempat kami menginap. Selain itu juga hari ini anak-anak saya biarkan untuk berenang di hotel. Itu juga termasuk bagian dari latihan ringan, selain karena anak-anak juga butuh refreshing ringan," tutur Fakhri Husaini.

Di sisi lain, Fakhri Husaini juga mengaku sudah memiliki sejumlah catatan mengenai beberapa hal yang harus dievaluasi di Timnas U-16 berdasarkan hasil melawan Timor Leste kemarin. Sektor lapangan tengah dan lini belakang menjadi perhatian lebih dan dibenahi saat latihan ringan sore nanti.

© PSSI
Striker TImnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Alfikri, saat Melawan Timor Leste Copyright: PSSIStriker TImnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Alfikri, saat melawan Timor Leste.

"Melawan Thailand nanti kami akan sudah punya catatan dan evaluasi soal kinerja permainan kami saat lawan Timor Leste kemarin. Beberapa kekurangan di sektor pertahanan dan tengah lapangan akan kami perbaiki saat latihan nanti," aku pelatih yang kerap menggunakan topi tersebut.

Saat ini Timnas U-16 dan Thailand sama-sama mengoleksi enam poin dari dua pertandingan, tetapi Skuat Garuda Asia berhak ada di puncak klasemen sementara Grup G lantaran unggul dalam produktifitas gol. Sejauh ini Indonesia sudah mencetak 21 gol dan hanya kebobolan sekali.

588