PSSI Dukung Turnamen Sepakbola Antar Kampus

Rabu, 20 September 2017 21:18 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ramadhan
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
PS Perbanas juarai turnamen antar kampus Regional DKI Jakarta. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
PS Perbanas juarai turnamen antar kampus Regional DKI Jakarta.

Turnamen sepakbola antar kampus Torabika Campus Cup mendapat dukungan dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kejuaraan ini berlangsung di lima kota. Padang, DKI Jakarta, Bandung, Makassar, dan Malang bergantian menjadi tuan rumah.

Turnamen ini diikuti total 80 kampus dari lima kota besar. Format pertandingan menggunakan sisten gugur. Di setiap kotanya, 16 tim berjuang untuk memperebutkan satu tiket menuju babak Grand Final.

Tim peringkat pertama di setiap regional berhak mewakili kotanya untuk bertanding di putaran final. Saat ini, turnamen antar-kampus sedang berlangsung di kota kedua, yakni DKI Jakarta.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Kiri-kanan: Ujang Suryana, Komisi Wasit Asprov DKI, Goesnawan, Sales and Marketing Director Torabika, dan Dr. Arman Nefi, S.H., M.M,. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTKiri-kanan: Ujang Suryana, Komisi Wasit Asprov DKI, Goesnawan, Sales and Marketing Director Torabika, dan Dr. Arman Nefi, S.H., M.M,.

PS Perbanas berhasil merengkuh gelar juara regional DKI. Kesebelasan tersebut menyusul Universitas Neger Padang yang sebelumnya telah menginjakkan kaki di babak Grand Final.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI sangat mengapresiasi bergulirnya turnamen antar kampus ini. Kejuaraan ini sangat membantu Asprov untuk mencari bibit pemain berbakat di luar radar.

“Turnamen ini dapat membantu PSSI khususnya Asprov dalam memantau talenta pesepakbola muda Tanah Air secara mudah. Karena telah tersedia wadah kompetisi yang menggunakan sistem dan perangkat pertandingan yang sesuai standar nasional yang diterapkan oleh PSSI,” ujar Komisi Wasit Asprov DKI, Ujang Suryana.

“Selain itu, Asprov PSSI DKI berharap turnamen ini akan menjadi arena kompetisi ketat bagi tim-tim kampus untuk membuktikan sebagai yang terbaik,” jelasnya.

Turnamen ini, kata Ujang, dapat dijadkan batu lompatan untuk mengawali karier sebagai pesepakbola profesional. Kata Ujang, sudah ada beberapa alumni turnamen Asprov yang bermain di kompetisi kasta kedua Liga Indonesia.

Penyelenggaraan turnamen antar kampus telah dimulai di Padang pada 5-7 September 2017 lalu. Diikuti DKI Jakarta (18-20 September), Bandung (26-28 September), Makassar (17-19) Oktober, dan Malang (31 Oktober-2 November). Sedangkan putaran final, akan berlangsung pada 23-24 November 2017 yang venuenya masih dirahasiakan.

559