Liga 1

Stadion Batakan Mirip Stadion Perhelatan Piala Dunia 2014 Brasil

  • Stadion Batakan menjadi sorotan lantaran memiliki kemegahan layaknya stadion di Eropa.
  • Bahkan, dua pemain Persiba menyebut Stadion Batakan mirip dengan stadion di Piala Dunia 2014.
Rabu, 20 September 2017 18:09 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor:
© twitter.com/FalseNineFC
Stadion Batakan. Copyright: © twitter.com/FalseNineFC
Stadion Batakan.

Duo penggawa Persiba Balikpapan asal Brasil, Junior Lopez dan Marlon da Silva memuji stadion Batakan yang kini menjadi kandang Beruang Madu mengarungi sisa Liga 1 2017. Menurut mereka, stadion yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp1,4 triliun itu, selain terlihat megah, juga desainnya sangat modern sama dengan stadion-stadion di Brasil.

Stadion-stadion yang digunakan saat Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Ada 12 stadion yang digunakan saat perhelatan sepakbola dunia itu.

“Ya, terlihat sangat megah sekali dari bangunan maupun arsitekturnya. Kemegahannya sama dengan stadion-stadion yang digunakan saat Piala Dunia lalu di Brasil.,” ujar Junior Lopez.

Pembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran. Copyright: Indosport/Teddy RumenganPembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran.

Bukan hanya  stadion di Brasil, Lopez bahkan menyamakan stadion berkapasitas 46 ribu penonton itu sama dengan stadion-stadion megah di Eropa, seperti di Portugal.

Ketika masih junior, hingga karier profesionalnya, pemain kelahiran 17 Oktober 1987 itu memang sempat berseragam Vitoria, klub liga utama Portugal pada musim 2006 lalu.

“Ya, sangat bagus seperti stadion di eropa. Semuanya bagus, fasilitas, lapangan. Terlihat megah sekali. Tentu ini bagus buat Persiba bermain di Stadion Batakan,” ujarnya.

Marlon pun senang Persiba akhirnya bisa bermain di stadion Batakan. Meskipun mantan pemain Mitra Kukar itu absen saat Persiba menjamu Persegres Gresik United.

Stadion Batakan. Copyright: twitter.com/FalseNineFCStadion Batakan.

“Ini stadion luar biasa, berbeda dengan stadion-stadion yang ada di Indonesia. Stadion Batakan terlihat megah dan modern. Jadi daya tarik bagi penonton,” ujar Marlon.

Sebelumnya Pelatih Persegres Hanafi maupun Pelatih Persiba Hariyadi pun memuji stadion Batakan. Keduanya menilai, stadion Batakan sangat layak digelar laga internasional.

Saat Piala Dunia 2014 lalu, ada 12 stadion yang digunakan diantaranya . Estadio Mineirao, Estadio Nacional de Brasilia, Arena Pantanal, Arena da Baixada, Estadio Castelao. Arena Amazonia

Sekitar tiga miliar Euro atau sekitar Rp48 triliun yang dikucurkan Pemerintah Brasil untuk membangun dan merenovasi 12 stadion perhelatan Piala Dunia 2014.