Baru Pulih Pasca 8 Bulan Cedera, Gundogan Terancam Absen Lagi

Kamis, 21 September 2017 12:33 WIB
Penulis: Fitriawan Nur Indrianto | Editor: Joko Sedayu
© Indosport.com
Ilkay Gundogan (Manchester City) mengalami cedera saat timnya melawan West Bromwich Albion di kancah Piala Liga Inggris. Copyright: © Indosport.com
Ilkay Gundogan (Manchester City) mengalami cedera saat timnya melawan West Bromwich Albion di kancah Piala Liga Inggris.

Cedera adalah musuh utama bagi pemain sepakbola. Beberapa pemain bahkan harus gantung sepatu lantaran cedera yang dialami tak kunjung sembuh. Sebut saja nama-nama besar seperti Marco van Basten, Perluigi Casiraghi, Owen Hagreaves, atau Sebastian Deisler yang harus menyudahi karier sepakbolanya lantaran cedera.

© Alain Gadoffre / Icon Sport
Marco VAN BASTEN mantan pemain AC Milan. Copyright: Alain Gadoffre / Icon SportMarco van Basten mantan pemain AC Milan.

Beberapa pemain sepakbola lain juga harus disibukkan oleh cedera panjang. Mantan pemain terbaik dunia, Ronaldo da Lima misalnya, pernah bolak-balik meja operasi lantaran cedera lutut yang dia alami kala membela Inter Milan. Penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic juga mengalami cedera dan hampir istirahat sekitar setengah tahun.

Hal yang sama juga dialami oleh penggawa Manchaster City, Ilkay Gundogan. Pemain berkebangsaan Jerman itu baru saja kembali menjalani laga bersama The Citizens setelah absen berlaga sejak Desember lalu lantaran cedera otot ligamen.

Namun dalam saat laga come back saat Manchester City bertemu West Bromwich Albion, ia kembali mengalami masalah, kali ini dengan lutut kirinya. Ilkay Gurdogan pun harus diboyong ke luar lapangan dan digantikan oleh Kyle Walker pada menit ke-59.

© Indosport.com
Ilkay Gundogan (Manchester City). Copyright: Indosport.comIlkay Gundogan mengalami cedera ketika Manchester City menang 1-2 di kandang West Bromwich Albion.

Menanggapi cedera yang diterima anak asuhnya pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pun angkat bicara. Apalagi mantan pemain Borussia Dortmund itu memang langganan cedera.

"Saya pikir ini bukan cedera serius. Tapi ini bukan cedera yang panjang hingga delapan bulan (seperti sebelumnya). Saya sudah berbicara padanya yang mengalami sakit pada lututnya. Besok dia akan menjalani terapi dan semoga ini bukan masalah besar," ungkap Pep dikutip dari Daily Mail.

"Kita tidak bisa bayangkan bagaimana rasanya harus kembali bertemu dokter untuk menjalani perawatan. Harus berjuang menjalani terapi untuk bisa sembuh, dan kini kembali mengalami cedera. Hal tersebut bukanlah cerita yang baik untuk karier pemain sepakbola. Untung ini tidak serius," sambung Pep.

© Sportsnet
Ilkay Gundogan Copyright: SportsnetIlkay Gundogan mengalami cedera ketika masih memperkuat Borussia Dortmund.

Ketika masih bermain untuk Dortmund, gelandang berusia 26 tahun itu juga kerap mengalami cedera. Salah satu cedera serius kala itu memaksa Gundogan absen memperkuat Timnas Jerman di kancah Euro 2016.

722