Sutan Zico Bawa Timnas U-16 Ungguli Laos 1-0 di Babak Pertama

Jumat, 22 September 2017 16:58 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT/@Liga1Match
Babak pertama pertandingan Laos vs Indonesia. Copyright: © INDOSPORT/@Liga1Match
Babak pertama pertandingan Laos vs Indonesia.

Sesuai dengan formasi yang diterapkan, Timnas U-16 memang langsung tampil menyerang. Menggunakan formasi 4-3-3, Sutan Zico dan kawan-kawan langsung menekan pertahanan Laos sejak menit pertama. Terutama mengandalkan tusukan-tusukan lewat sayap.

Melewati menit ke-10, Timnas U-16 masih mendominasi permainan. Meski demikian belum ada satu pun peluang yang tercipta. Justru Laos yang sempat memberi ancaman bagi kiper Ernando saat tendangan jarak jauh pemain Laos mengarah langsung ke gawang.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Fachry Husaini dan skuat Timnas U-16. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTFachry Husaini dan skuat Timnas U-16.

Laos tampaknya menerapkan strategi bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Terlihat dari sejumlah serangan yang dilakukan Laos selalu berawal dari bola yang lepas dari kontrol pemain Timnas U-16. Beruntung Amiruddin Bagas dkk masih fokus dan bisa menghentikan serangan sporadis Laos.

Upaya Laos yang mulai bermain lebih terbuka di manfaatkan dengan baik oleh Timnas U-16. Pada menit ke-25, berawal dari lemparan ke dalam bola berhasik masuk ke kotak penalti Laos. Umpan silang yang dilakukan skuat Timnas U-16 sempat berusaha ditangkap kiper Laos, tapi kemudian lepas. Zico yang berada di posisi tepat dengan mudah menceploskan bola ke gawang, 1-0 untuk Indonesia.

Laos bukan tanpa perlawanan. Sebuah serangan balik pada menit ke-32 sempat memberi ancaman serius. Beruntung bola masih bisa ditepis dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Indonesia masih mampu mempertahankan keunggulan mereka.

© PSSI
Bek TImnas Indonesia U-16, Ahmad Rusadi, saat Duel Udara Kontra Pemain Timor Leste Copyright: PSSIBek TImnas Indonesia U-16, Ahmad Rusadi, saat Duel Udara kontra Pemain Timor Leste

Ancaman Laos kembali datang di menit ke-37. Sebuah serangan balik dilakukan melalui sisi kanan pertahanan Timnas U-16. Serangan ini mampu mengirimkan sebuah umpan lambung ke kotak penalti Indonesia, di mana ada dua pemain Laos yang sudah menunggu.  Namun bola masih terlalu tinggi untuk disundul pemain Laos.

Lima menit terakhir babak pertama, Laos seolah mendapat angin untuk memberi tekanan. Mereka lebih berani keluar menyerang. Bahkan sempat mendapatkan peluang di kotak penalti Indonesia, meski melenceng ke samping gawang.

Babak pertama berakhir, Timnas U-16 masih unggul 1-0 atas Laos.

3K