Gelandang Man United dan Seorang Kiper Masuk Nominasi Puskas Award 2017

Sabtu, 23 September 2017 06:49 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Federasi Sepakbola Tertingi Dunia, FIFA, baru saja mengumumkan nama-nama pesepakbola yang layak mendapat penghargaan pencetak gol terbaik atau biasa dikenal dengan sebutan FIFA Puskas Award untuk tahun 2017.

Melalui situs resminya, FIFA mengumumkan telah menetapkan 10 nama pemain yang menjadi kandidat terkuat untuk meraih gelar pencetak gol terbaik di tahun 2017. Dari total 10 nama pemain tersebut, Liga Primer Inggris menyumbang dua nama, yakni Olivier Giroud dan Nemanja Matic.

Gol Giroud yang membuatnya menjadi kandidat adalah saat dirinya membela Arsenal dalam pertandingan Liga Primer Inggris 2016/17 pekan ke-19. Saat itu, penyerang berpaspor Prancis ini berhasil membobol gawang Crystal Palace dengan menggunakan tumit atau dikenal dengan sebutan gol kalajengking.

© Adam Davy/PA Images via Getty Images
Selebrasi Olivier Giroud usai bobol gawang Crystal Palace Copyright: Adam Davy/PA Images via Getty ImagesSelebrasi Olivier Giroud usai bobol gawang Crystal Palace

Berbeda dengan Giroud, gol Matic yang menjadikannya kandidat adalah ketika dirinya masih mengenakan jersey Chelsea. Kala itu, gelandang yang kini memperkuat Manchester United mencetak gol dari tendangan jarak jauh 30 meter dari gawang Hugo Lloris yang memastikan kemenangan Chelsea 4-2 atas Tottenham Hotspur di babak semifinal Piala FA musim 2016/17. 

© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Matic cetak gol berkelas ke gawang Tottenham Hotspur di laga semifinal Piala FA. Copyright: Catherine Ivill - AMA/Getty ImagesMatic cetak gol berkelas ke gawang Tottenham Hotspur di laga semifinal Piala FA.

Satu hal yang unik dari 10 nama nominasi yang dirilis FIFA tersebut, terdapat seorang kiper. Ya, kiper bernama Oscarine Masuluke asal Afrika Selatan itu mencetak gol salto indah saat membela klubnya, Baroka FC, melawan Orlando Pirates di ajang Liga Afrika Selatan pada November 2016 lalu.

Tidak hanya itu, dari banyakknya kandidat pria yang menjadi nominasi, terdapat satu pesepakbola wanita, yaitu Deyna Castellanos asal Venezuela. Golnya ke gawang Kamerun dari tengah lapangan di ajang Piala Dunia U-17 membuat dirinya dinilai layak menjadi kandidat penerima Puskas Award 2016.

Tahun lalu, penghargaan ini jatuh kepada pesepakbola asal negeri Jiran Malaysia, Moh Faiz Subri.Gol itu dinilai paling indah setelah bola disepaknya dari jarak jauh yang alurnya seperti melawan arah grafitasi bumi sebelum akhirnya menukik tajam ke pojok gawang.

Berikut Daftar 10 Pesepakbola Calon Penerima Puskas Award 2017:

1. Kevin Prince Boateng (Villarreal vs Las Palmas/La Liga/23 Oktober 2016).

2. Alejandro Camargo (Universidad de Concepcion vs O’Higgins/Liga Chile/ 4 Desember 2016).

3. Deyna Castellanos (Venezuela vs Kamerun/Piala Dunia Wanita FIFA U-17/ 3 Oktober 2016).

4. Moussa Dembele (St. Johnstone vs Celtic/Liga Skotlandia/5 Februari 2017).

5.Olivier Giroud (Arsenal vs Crystal Palace/Liga Primer Inggris/ 1 Januari 2017).

6. Aviles Hurtado (Atlas vs Tijuana/Liga Meksiko/1 April 2017).

7. Mario Mandzukic ( Juventus vs Real Madrid/ Final Liga Champions/ 3 Juni 2017).

8. Oscarine Masuluke (Baroka vs Orlando Pirates/ Liga Afrika Selatan/30 November 2016).

9.Nemanja Matic (Chelsea vs Tottenham Hotspur/Semifinal FA CUP/22 April 2017).

10.Jordi Mboula ( Barcelona vs Borussia Dortmund/UEFA Youth League/ 22 Februari 2017). 

2.5K