Catat, Ini Format Baru dan Jadwal Piala AFF 2018

  • Piala AFF 2018 nanti akan mulai menggunakan format baru.
  • Perubahan format tersebut dibahas pada pertemuan negara-negara anggota AFF di Bali.
Sabtu, 23 September 2017 19:19 WIB
Editor: Ramadhan
© INDOSPORT
AFF Suzuki Cup 2018. Copyright: © INDOSPORT
AFF Suzuki Cup 2018.

Pertemuan Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) di Bali, Sabtu (23/09/17), membahas beberapa keputusan penting. Setelah memberi dukungan pada Indonesia dan Thailand jadi tuan rumah Piala Dunia 2034, kini forum tersebut mulai membahas perubahan format Piala AFF 2018.

Pertemuan tersebut akhirnya memutuskan perubahan format Piala AFF 2018 yang akan mulai menggunakan sistem kandang dan tandang. Sistem tersebut bakal diberlakukan di babak penyisihan grup sehingga artinya tak ada lagi sistem satu tuan rumah yang sebelumnya digunakan.

Skuat Timnas Indonesia di leg kedua babak final Piala AFF di Stadion Rajamangala. Copyright: affsuzukicup.comSkuat Timnas Indonesia di leg kedua babak final Piala AFF di Stadion Rajamangala.

Untuk jumlah peserta juga sudah diputuskan bahwa akan ada 10 negara yang ikut serta di gelaran Piala AFF 2018 nanti dan dibagi ke dalam dua grup dengan masing-masing grup terdiri dari lima negara. Sekadar informasi, pada gelaran sebelumnya hanya ada delapan negara peserta yang tampil.

Tak berhenti sampai di situ, sistem kualifikasi juga dihapus menyusul bertambahnya peserta menjadi 10 negara di putaran final. Nantinya, sebanyak sembilan negara dengan peringkat tertinggi di AFF seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, Singapura, Kamboja, dan Laos otomatis lolos ke putaran final Piala AFF 2018.

Lalu, dua negara dengan peringkat terendah di AFF lainnya seperti Timor Leste dan Brunei Darussalam masih harus memperebutkan satu tiket melalui partai play-off. Rencananya, ajang Piala AFF 2018 sendiri akan dimulai pada 8 November hingga 15 Desember 2018.

Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2016. Copyright: affsuzukicupTrofi Piala AFF Suzuki Cup 2016.

Untuk format baru, nantinya lima tim dari tiap grup yang ikut serta akan menjalani masing-masing dua laga kandang dan dua laga tandang di fase penyisihan grup nanti. Penentuan kandang dan tandangnya sendiri masih akan ditentukan melalui undian.

Sementara untuk fase knock out, dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke semifinal dan akan kembali memainkan format dua leg (kandang-tandang), begitu juga hingga partai final.

Sekadar informasi, gelaran Piala AFF sendiri merupakan turnamen paling besar dari AFF yang sudah dilaksanakan sejak 1996. Sejauh ini, Thailand menjadi negara yang paling banyak meraih gelar juara dengan total lima trofi juara, sementara Indonesia sudah lima kali tampil sebagai runner up.