Gol Spektakuler Andik Vermansah di Piala AFF 2016 Dinobatkan Jadi Gol Terbaik di Asia Tenggara

  • Gol Andik Vermansah di Piala AFF 2016 lalu terpilih menjadi gol terbaik di kawasan Asia Tenggara tahun ini.
  • Andik melengkapi penghargaan yang sebelumya diterima empat rekannya yang masuk dalam best XI AFF 2017.
Sabtu, 23 September 2017 22:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
© Internet
Andik Vermansyah Copyright: © Internet
Andik Vermansyah

Gol first time lewat tendangan voli yang dilesakkan Andik Vermansah ke gawang Singapura pada Piala AFF 2016 lalu dinobatkan sebagai gol terbaik untuk kawasan Asia Tenggara tahun ini.

Penghargaan tersebut diberikan pada Sabtu (23/09/17) malam ini dalam acara ASEAN Football Federation (AFF) 2017 yang bertepatan dengan 12th Council Meeting AFF di Bali. Selain itu, pertemuan tersebut juga menetapkan Starting XI terbaik di Piala AFF 2016 kemarin.

Andik Vermansah mengeksekusi bola ke arah Boaz Solossa. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAndik Vermansah mengeksekusi bola ke arah Boaz Solossa.

Sebagai informasi, gol spekatuler milik Andik yang dimaksud adalah saat pemain Selangor FA tersebut menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat Indonesai bertemu Singapura dalam babak penyisihan grup A di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11/2016) lalu.

Kala itu gol yang dicetak Andik terjadi dengan proses yang cukup apik, di mana ia menerima umpan dari sisi sayap dan tanpa kontrol pemain asal Surabaya itu melepaskan tendangan voli yang tak mampu ditahan kiper lawan. Gol itu juga menjadi penyemangat bagi Skuat Garuda yang akhirnya menang 2-1 lewat gol penentu kemenangan yang dicetak, Stefano Lilipaly.

"Saya tidak peduli dengan gol saya, saya hanya memikirkan kemenangan Timnas Indonesia. Alhamdulillah kami memenangi pertandingan yang sangat dramatis," kata Andik kala itu.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada info lebih lanjut dari PSSI terkait siapa saja yang masuk sebagai nominasi pencetak gol terbaik selain Andik Vermansah. Terlepas dari hal itu, masyarakat Indonesia patut berbangga karena peran Andik pada Piala AFF 2016 lalu tidak bisa dianggap remeh. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu berjuang keras, bahkan harus mengalami cedera di babak final leg pertama yang membuatnya absen cukup lama. 

Selain Andik, pada ASEAN Football Federation (AFF) award malam ini, Indonesia juga menempatkan empat pemain dalam skuat terbaik AFF tahun ini yakni Kurnia Meiga Hermansyah (Arema FC), Rizki Rizaldi Pora (Barito Putra), Stefano Lilipaly (Bali United), dan Boas Theofilus Erwin Solossa (Persipura Jayapura).