Media Asing Masukkan Persija vs Persib dalam Daftar Derby Tergila di Asia

  • Gaung rivalitas antara Persija vs Persib didengar sampai luar negeri.
  • Meski sejatinya tak bisa dianggap sebagai derby, Copa90 menilai rivalitas kedua klub masuk sebagai yang tergila di Asia.
Sabtu, 23 September 2017 19:47 WIB
Editor:
© Copa90
Pendukung Persija Jakarta. Copyright: © Copa90
Pendukung Persija Jakarta.

Rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung ternyata didengar sampai ke luar negeri. Meski belakangan hubungan antara kedua kelompok suporter cenderung adem berkat inisiatif damai dari dedengkotnya, tetap saja, Derby Indonesia dinilai salah satu yang paling gila di Asia.

Adalah Copa90 yang merilis dan menganggap bahwa laga antara Persija melawan Persib sebagai salah satu pertandingan derby paling panas dan gila di Benua Kuning.

Dalam keterangan di YouTube-nya, disebutkan jika di laga-laga yang masuk kategori tergila itu memang tidak mendapat perhatian media internasional. Tapi bukan berarti pertandingan yang tersaji lantas tak layak disebut sebagai derby gila.

"Derby Indonesia atau El Clasico Indonesia antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta mungkin bukanlah sebuah derby seperti layaknya sebuah arti harfiah sebuah derby, tapi rivalitas keduanya sangat luar biasa, meski terpisah 100 kilometer," ujar narator Copa90.

Jakmania dan Viking. Copyright: internetJakmania dan Viking.

"Dan meski jarak memisahkan kedua suporter menganggap laga kedua kesebelasan sebagai yang terbesar. Sayang, beberapa kali pertemuan kedua tim menyebabkan kerusuhan sehingga suporter lawan dilarang bertandang," lanjutnya.

Copa90 juga sadar betul bahwa kerasnya persaingan antar kedua tim sampai mengispirasi sebuah pembuat film untuk mengangkat kisahnya ke dalam layar lebar. Mereka mnengambil contoh film Romeo & Juliet yang mengisahkan dua sejoli dari pendukung Persija dan Persib yang saling mencintai.

Selain Persib vs Persija, ada juga sejumlah derby di kawasan Asia lainnya, seperti Jeddah Derby antara Al-Ahly melawan Al-Ittihad, lalu Shizuoka Derby antara Shimizu S-Pulse vs Jubilo Iwata.

Persija Jakarta dan Persib Bandung akan kembali bersua di Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017 pada tanggal 3 November mendatang. Kabar terakhir menyebut jika laga bisa digelar di Gelora Bung Karno, namun pihak Macan Kemayoran meminta agar pendukung Persib tidak datang ke Jakarta.