Liga Primer Inggris

West Ham United 2-3 Tottenham: Main Kasar Demi Tiga Poin

Sabtu, 23 September 2017 21:02 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© getty images
Hasil pertandingan West Ham United vs Tottenham Hotspur. Copyright: © getty images
Hasil pertandingan West Ham United vs Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur curi kemenangan berharga atas rival sekota, West Ham United usai menang 3-2. Bertanding di London Stadium, Sabtu (23/09/17), 10 pemain Spurs beruntung bisa menjaga keunggulan hingga peluit panjang.

Babak I

Spurs yang bertindak sebagai tim tamu, seperti sudah diprediksi, mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun tuan rumah The Hammers mampu bermain disiplin di lini pertahahanan hingga The Lilywhites frustasi kesulitan hingga setengah jam pertandingan.

Serapat-rapatnya tiga bek sentral West Ham United akhirnya tak sanggup menahan tekanan Tottenham. Menit 34, lewat sebuah kesalahan passing Andy Carroll, Dele Alli lepaskan umpan silang yang disundul oleh Harry Kane. 1-0 untuk Spurs.

Gol tersebut membuat para pemain Spurs bersemangat menambah keunggulan. Benar saja, empat menit berselang, papan skor di London Stadium kembali berubah setelah tim tamu lesakkan gol kedua.

Alli dan Kane menjadi aktornya lagi. Bola muntah hasil tendangan Alli dimanfaatkan dengan sempurna oleh Kane. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak II

Tertinggal 0-2 di paruh pertama, West Ham yang di tiga laga sebelumnya tak kebobolan berupaya mencari celah agar bisa setidaknya meraih satu poin. Terlebih, Mark Noble dan kawan-kawan jelas tak bisa membiarkan suporternya meradang karena kalah dari sang rival.

Alih-alih memperkecil keadaan, gawang Joe Hart malah kembali bobol lewat tembakkan Christian Eriksen tepat di menit 60. Sebuah kemelut di kotak penalti berhasil dimanfaatkannya dengan baik dan membuat skor menjadi 3-0.

West Ham United langsung bangkit usai gol tersebut. Laga memang berjalan keras, namun tuan rumah lebih sabar dan tidak terpancing emosi.

Javier Chicharito Hernandez akhirnya bisa mencetak gol menit 65. Bermula dari sepak pojok yang dilakukan Aaron Cresswell, bola kemudian disundul oleh Jose Fonte, yang diteruskan oleh Chicharito. 3-1 West Ham mengejar.

Panik dengan gol tersebut, Spurs bermain lebih kasar lagi. Berulang kali anak asuh Maurico Pochettino tersebut melakukan pelanggaran demi pelanggaran keras kepada penggawa West Ham.

Wasit Michael Oliver akhirnya mengeluarkan salah satu pemain Spurs, Serge Aurier karena mendapatkan kartu kuning kedua. Tekel kerasnya kepada Andy Carroll tak bisa ditolerir lagi.

Bermain dengan 10 pemain, Spurs semakin kalut. Pochettino sempat memasukkan Harry Winks menggantikan Eriksen guna menambah rapat pertahanan, bahkan Moussa Sissoko ditarik dan diganti oleh bek kanan Kieran Trippier.

Tuan rumah langsung menggempur pertahanan Spurs sebisa mungkin. Bertubi-tubi gawang Hugo Lloris dibombardir Andre Ayew, Carroll, hingga Arthur Masuaku, bek kiri yang dimasukkan sebagai sayap di babak kedua.

Penonton West Ham semakin semangat ketika Cheikhou Kouyate sanggup menipiskan ketertinggalan klubnya lewat sundulan kerasnya menerima umpan Masuaku. Skor 2-3!

Di sisa pertandingan, Spurs beruntung bisa menahan keunggulan. Cara kasar pun dilakukan demi mempertahankan skor 3-2.

552