Liga 1

7 Pemain Muda yang Kunci Starter Setelah Regulasi Dihapus

  • Beberapa pemain muda kehilangan tempatnya di tim inti setelah regulasi U-23 dihapuskan.
  • Namun, ada pula yang makin moncer setelah aturan itu ditiadakan.
Senin, 25 September 2017 15:20 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Rezaldi Hehanusa dan enam pemain. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Rezaldi Hehanusa dan enam pemain.

Perhelatan SEA Games 2017 di Malaysia membuat regulasi pemain muda Gojek Traveloka Liga 1 ditangguhkan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi memutuskan untuk menghapuskan sementara waktu kewajiban setiap peserta memainkan tiga pemain yang berusia di bawah 23 tahun sebagai starter. Mengingat, banyaknya pemain muda yang dipanggil untuk membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

Selepas pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, PT LIB tak kunjung mengembalikkan regulasi pemain muda di Liga 1. Pada akhirnya, peraturan tersebut resmi ditiadakan.

Banyak pemain muda yang memanfaatkan regulasi sebagai ajang unjuk gigi. Tapi, setelah dihilangkannya peraturan itu, pemain muda tersebut kembali ke habitatnya yang asli. Yaitu, penghuni bangku cadangan.

Regulasi pemain muda seringkali dianggap sebagai titik terlemah suatu tim. Namun terkadang, tak melulu merugikan permainan di atas lapangan. Sebagai contoh, Bhayangkara FC (BFC). Klub milik kepolisian tersebut malah sukses menerapkan pemain muda sebagai starter. Terbukti, tim berjuluk The Guardian tersebut anteng di puncak klasemen sementara. Biangnya siapa lagi kalau bukan deretan wonderkid gemilang BFC.

Selain itu, banyak klub yang belum siap dengan regulasi pemain muda. Contohnya Persija Jakarta. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut memiliki limpahan pemain muda. Akan tetapi, kualitasnya belum siap untuk bersaing di kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia.

Ilham Udin Armayn di Tengah Kepungan Pemain Persipura. Copyright: Bhayangkara FCIlham Udin Armayn di Tengah Kepungan Pemain Persipura.

Selepas peraturan tiga pemain muda sebagai starter plus dua menjadi cadangan dihilangkan, banyak pemain muda kehilangan posisinya. Bahkan sebagian dari mereka, tidak jarang tersingkir dari Daftar Susunan Pemain (DSP) timnya masing-masing.

Akan tetapi, tidak sedikit juga dari deretan pemain muda yang berhasil mempertahankan tempatnya di tim. Biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor. Selain kualitas yang baik, pemain muda tersebut tidak memiliki pesaing di posisinya. Bahkan, sampai memerankan nyawa permainan timnya.

INDOSPORT mencoba meringkas lima pemain U-23 yang berhasil mempertahankan posisinya sebagai starter selepas regulasi pemain muda dihapus. Berikut sajiannya kepada para pembaca setia: