Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

8 Negara Susul Timnas U-16 ke Babak Utama Piala Asia

  • Sembilan grup ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 telah melahirkan negara yang berstatus pemuncak klasemen.
  • Hanya Grup H saja yang belum memulai babak penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.
Senin, 25 September 2017 05:52 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Internet
Logo AFC U-16. Copyright: © Internet
Logo AFC U-16.

Sejumlah negara baru saja menyelesaikan laga-laga terakhirnya di fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Setiap grup pun telah menghasilkan satu negara yang menjadi pemuncak klasemen dan berhak merebut tiket ke babak utama Piala Asia U-16 tahun depan di Malaysia.

Timnas Indonesia U-16 yang menjadi salah satu peserta pun berhasil meloloskan diri ke babak utama setelah menjadi pemuncak klasemen Grup G. Tergabung bersama Kepulauan Mariana Utara, Timor Leste, Laos, dan Thailand, Skuat Garuda Asia berhasil menyapu bersih setiap pertandingan dengan kemenangan.

Dari Grup A, Jordania berhasil keluar sebagai pemuncak klasemen dengan catatan tiga kemenangan dan sekali seri. Untuk Grup B, Tajikistan berhak lolos dari babak kualifikasi setelah menjadi pemuncak klasemen Grup B. Dari total tiga pertandingan, mereka mampu menyapu bersih semuanya dengan kemenangan.

Klasemen Grup A. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup A.
Klasemen Grup B. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup B.

Berlajut ke Grup C, catatan sempurna juga berhasil ditorehkan oleh Iran yang berhasil meraih koleksi 12 poin di grup yang diisi oleh Afghanistan, Kyrgyzstan, Lebanon, dan Bhutan.

Klasemen Grup C. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup C.

Untuk Grup D, meski tidak meraih poin sempurna lantaran ditahan imbang oleh India di laga terakhir, Irak tetap berhak ke putaran utama Piala Asia U-16 2018 setelah berada di puncak dengan catatan tujuh poin.

Klasemen Grup D. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup D.

Beralih ke Grup E, keluarnya Uni Emirates Arab membuat mereka tidak menemui hambatan sulit untuk melaju ke puncak klasemen. Kemenangan 6-1 atas Qatar dan 2-0 atas Bangladesh membuatnya menjadi raja Grup E dengan koleksi enam poin.

Klasemen Grup E. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup E.

Korea Utara yang berada di Grup F membuat kejutan dengan menyapu bersih setiap pertandingan dengan kemenangan sempurna. Total 28 gol tanpa pernah kebobolan membuat mereka berada di posisi puncak dengan torehan 12 poin.

Klasemen Grup F. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup F.

Di Grup I, pertarungan sengit untuk meraih posisi puncak klasemen berlangsung sengit. Namun, Australia berhasil merebutnya setelah menjegal Vietnam dengan skor 3-1 di laga pamungkas.

Klasemen Grup I. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup I.

Jepang menunjukkan keperkasaannya saat berada di penyisihan Grup J. Bagaimana tidak mereka menjadi tim tersbur dengan torehan 35 gol tanpa pernah kebobolan. Hasilnya, mereka menjadi pemuncak klasemen dengan torehan Grup J.

Klasemen Grup J. Copyright: ISTIMEWAKlasemen Grup J.

Dalam Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, negara yang lolos ke putaran utama adalah yang berstatus pemuncak klasemen. Namun, lima negara posisi runner up terbaik juga berhak melangkah ke babak utama.

Posisi lima runner up terbaik sendiri saat ini ditempati oleh Oman (Grup B), India (Grup D), Thailand (Grup G), Vietnam (Grup I) dan Afghanistan (Grup C), ditambah Malaysia yang berstatus tuan rumah.

Perlu diketahui, ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 masih belum benar-benar tuntas. Pasalnya, masih ada satu grup yang sama sekali belum menggelar pertandingan, yakni Grup yang diisi Korea Selatan, China, Myanmar, dan Filipina. Pertandingan Grup H baru akan dimulai Senin (25/09/17) ini.