Liga 1

Bambang Pamungkas dan Cerita 9 Gol yang 'Membunuh' Arema

Senin, 25 September 2017 15:04 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Bambang Pamungkas membuktikan bahwa usia hanyalah sebuah angka dan kualitasnya di atas lapangan ternyata belum habis. Setidaknya, hal itulah yang kembali dibuktikan Bepe, sapaan akrabnya, kala membawa Persija Jakarta bermain imbang 1-1 kontra Arema FC.

Pada laga pekan ke-26 Gojek Traveloka Liga 1 2017 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Bepe berhasil membuat publik Malang terdiam di menit ke-34. Striker gaek berusia 37 tahun itu sukses membobol gawang Arema FC lewat tendangan voli berkelas.

Gol tersebut berawal dari penetrasi yang dilakukan pemain asing Persija, Bruno Lopes di sisi kiri pertahanan Arema. Lalu, Bruno mengirimkan umpan silang ke area kotak penalti Singo Edan yang akhirnya gagal dihalau pemain asing Arema, Ahmet Atayev sehingga bola terlepas.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pencetak gol Persija Jakarta, Bambang Pamungkas saat duel udara dengan Kapten Arema, Johan Al Farizi. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPencetak gol Persija Jakarta, Bambang Pamungkas saat duel udara dengan Kapten Arema, Johan Al Farizi.

Berada dalam posisi yang pas, bola pun jatuh ke kaki Bepe yang tanpa ampun langsung melepaskan tendangan voli dan bola hasil sepakan Bepe membobol gawang Dwi Kuswanto. Keunggulan 1-0 Persija bertahan cukup lama sebelum akhirnya disamakan Esteban Vizcarra.

Sebenarnya, Bepe bisa saja menambah pundi-pundi golnya ke gawang Arema pada laga tersebut. Satu peluang emas lainnya tercipta di pertengahan babak kedua saat Bepe yang sudah menguasai bola melepaskan sepakan lob yang masih lemah dan bisa ditangkap kiper Arema.

Bagi Bepe, Arema memang sudah menjadi sasaran empuk dari gol-golnya di sepanjang karier profesionalnya bersama Macan Kemayoran. Berdasarkan catatan Lab Bola, Bepe kini sudah mencetak total 9 gol ke gawang Arema sejak era Indonesian Super League (ISL) 2008/09.

Torehan tersebut tentu sangat istimewa bagi seorang Bepe. Apalagi, Arema memang menjadi lawan favorit dan jadi tim yang paling sering dibobol pemain yang pernah memperkuat klub Malaysia, Selangor FA tersebut.

Tak hanya itu saja, satu gol ke gawang Arema di Stadion Kanjuruhan juga menghadirkan catatan lain bagi Bepe. Hingga pekan ke-26 Liga 1, Bepe sudah mencetak dua gol untuk tim ibu kota, setelah sebelumnya membobol gawang Bali United lewat jumping header pada pekan ke-24 seminggu lalu.

© Twitter@Persija_Jkt
Bambang Pamungkas. Copyright: Twitter@Persija_JktBambang Pamungkas.

Meski tak lagi subur, namun menariknya dua gol Bepe di musim ini masing-masing memiliki makna tersendiri. Gol pertama Bepe ke gawang Bali United sendiri membuat dirinya mencatatkan rekor sebagai pemain yang selalu mencetak gol di setiap musim liga domestik sepanjang kariernya.

Tak hanya itu, Bepe juga mencatatkan diri sebagai pemain tertua kedua yang namanya tercatat di papan skor Stadion Kanjuruhan musim ini, di bawah striker andalan Arema FC, Cristian Gonzales.

Kini, Persija sendiri berada di peringkat ke-6 klasemen sementara Liga 1 dengan catatan 43 poin dari 26 laga. Macan Kemayoran berhasil mengungguli Arema yang saat ini bertengger di peringkat ke-7 klasemen dengan torehan 41 poin dengan jumlah laga yang sama.