Nistelrooy 'Didepak' Ferguson dari Man United karena Hina Ronaldo

Senin, 25 September 2017 04:20 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© getty images
Ruud van Nistelrooy dan Cristiano Ronaldo saat membela Manchester United. Copyright: © getty images
Ruud van Nistelrooy dan Cristiano Ronaldo saat membela Manchester United.

Pada periode 2001 sampai 2006, Manchester United memiliki salah satu pemain yang menjadi momok menakutkan bagi setiap lawan. Dia adalah penyerang asal Belanda, Ruud van Nistelrooy.

Selama lima tahun memperkuat Setan Merah, Nistelrooy tampil gemilang dengan mencetak 150 gol dari total 219 laga. Ia juga yang membawa Man United meraih gelar juara Liga Primer Inggris di musim 2002/03 dan Piala FA 2003/04.

© INDOSPORT
Ruud van Nistelrooy saat masih berseragam Manchester United. Copyright: INDOSPORTRuud van Nistelrooy saat masih berseragam Manchester United.

Namun, secara mengejutkan pada 28 Juli 2006, ia dijual pelatih Man United saat itu, Sir Alex Ferguson ke Real Madrid. Rupanya ada faktor kekesalan Ferguson di balik keputusan transfer Nistelrooy ke Los Blancos.

Dalam sebuah buku yang ditulis Alastair Campbell, seorang rekan dekat Ferguson, Tony Blaier mengatakan bahwa Fergie (panggilan akrab Ferguson) sempat kesal dengan sikap Nistelrooy yang dianggap egois.

© INDOSPORT
Sir Alex Ferguson. Copyright: INDOSPORTMantan pelatih Man United, Sir Alex Ferguson.

"Dia (Ferguson) menilai Nistelrooy sebagai sosok yang hanya mementingkan diri sendiri. Ferguson pun sempat tidak tahu harus berbuat apa untuk merubah sifat tersebut," tulis Campbell seperti dikutip dari Marca.

Puncak kemarahan Ferguson terhadap Nistelrooy sendiri terjadi ketika pemain kelahiran 1 Juli 1976 itu secara terang-terangan menghina Cristiano Ronaldo. Diceritakan saat sesi latihan, Nistelrooy mengejek Ronaldo untuk mengadu pada ayahnya, padahal ayah Ronaldo yang seorang alcoholic belum lama meninggal.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESNistelrooy sempat dikatakan mengejek ayah Ronaldo yang belum lama meninggal.

"Ucapan Nistelrooy itu membuat pihak kesal tidak hanya Ferguson tapi juga Carlos (salah satu asisten Ferguson), yang memintanya untuk menunjukkan rasa hormat. Tapi Nistelrooy justru mengatakan dengan lantang tidak menghormati siapapun di Man United," pungkas Campbell.

Akhirnya, Nistelrooy pun dijual Man United ke Madrid dengah mahar sebesar 14 juta Euro dan durasi kontrak selama tiga tahun.

3.6K